oleh

Seni Menikmati Soju, Minuman Khas Korea yang Mulai Ngetren

LOKABALI.COM – Jika di Indonesia ada arak, Jepang punya Sake, sedangkan Korea juga punya minuman alkohol tradisional yang bernama Soju.

Di Bali, Soju baru familiar sekitar setahun lalu. Di pasaran, minuman hasil destilasi beras ini mengandung kadar alkohol 4 persen hingga 19,5 persen.

Jika mengkonsumsi sedikit Soju akan menghangatkan badan, tapi juga akan memabukkan jika terlalu banyak meminumnya. Jadi, tidak disarankan untuk mengkonsumsi Soju dalam jumlah banyak.

“Ada beberapa merek dagang yang tersedia di pasaran. Disini kami menyediakan, Soju Baram Lemon dengan kadar alkohol lebih rendah, Baram ori dan Sevendays yang mengandung alkohol 19,5 persen,” jelas Manager Bisnis Diva Karaoke Bali Gede Putra, Sabtu (23/3/2019).

Bagi penikmat Soju, kata Gede Putra, ada cara-cara tersendiri bagaimana mencecap rasa minuman asal Korea Utara itu. Pertama, bisa mencampurnya dengan minuman fermentasi susu skim yang banyak dijual di pasaran.

Atau bisa juga dengan cara yang jamak disebut dengan ‘kapal selam’ yakni, satu sloki kecil Soju dimasukkan ke dalam gelas bir yang telah terisi setengah gelas bir.

“Tidak dicampur langsung dengan birnya, tapi memasukkan gelas di dalam gelas atau biasa disebut ‘kapal selam’,” jelas Gede Putra.

Ada sensasi berbeda menikmati Soju dengan cara ‘kapal selam’. Gede Putra menambahkan, Soju jadi salah satu beverages yang ditawarkan kepada pengunjung rumah bernyanyi yang dikelolanya.

“Per botol Soju kita publish Rp 150 ribu, cukup murah dibandingkan di tempat lain. Soju jadi salah satu menu beverages andalan kita,” kata Gede Putra.

Soju disajikan dalam kondisi dingin tapi tidak dicampur dengan es batu. Jika disajikan dalam suhu hangat, rasa pahit akan sangat terasa di lidah. (Way)

Komentar

Berita Lain