oleh

Sanur Village Festival Jadi Role Model Community Base Tourism

-Spot-80 views

LOKABALI.COM – Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan, pemasukan negara di bidang pariwisata diproyeksi akan menjadi terbesar diantara sektor lain di tahun 2020. Pada 2018, devisa negara dari sektor pariwisata mencapai USD 19 juta dan mengungguli sektor migas dan batubara.

Bali yang dikatakan Arief, memberikan kontribusi terbesar yakni 40 persen atau setara dengan Rp 100 trilyun.

“Kita meyakini pada tahun 2020 sektor pariwisata memberikan kontribusi tertinggi terhadap devisa negara,” jelas Arief Yahya saat membuka Sanur Village Festival (SVF) XIV di Pantai Mertasari, Sanur, Bali, Rabu, 21 Agustus 2019.

Hingga tahun keempat belas, Sanur Village Festival telah menjadi Top Ten Event Calender Kementerian Pariwisata. Perhelatan itu juga menjadi role model pariwisata berbasis masyarakat atau community base tourism.

“Di dalam sustainable development tourism mengenal 3 yakni, planet atau environment, people atau community, dan prosperity. Jadi semakin dilestarikan akan semakin mensejahterakan,” ujarnya.

Sementara, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace mengatakan, tema ‘Dharmaning Gesing’ pada Sanur Village Festival XIV mengangkat selaras dengan visi Pemprov Bali dalam konteks pembangunan alam dan lingkungan secara menyeluruh.

Bambu atau Gesing, dalam bahasa Bali, sarat dengan filosif kehidupan keseharian masyarakat Bali.

“Tanpa disadari kita banyak belajar dari bambu,” jelas Cok Ace.

Perhelatan Sanur Village Festival dimungkinkan mendongkrak okupansi hotel di wilayah Sanur. Pada semester I tahun 2019, tingkat hunian kamar hotel hanya 55 persen. Namun dengan adanya event tahunan ini, akan mendorong jumlah kunjungan wisata di wilayah pesisir timur kota Denpasar itu. (Jeane)

Komentar

Berita Lain