oleh

Rektor ITB STIKOM: Kerja Digital di Program WFB Percepat Pemulihan Ekonomi Bali

LOKABALI.COM – Kebangkitan ekonomi Bali yang diawali dengan Work from Bali (WFB) harus didukung oleh semua pihak. Termasuk dari kalangan akademisi maupun lembaga pendidikan dalam mensukseskan program ‘bekerja dari Bali’ yang diinisiasi oleh pemerintah.

Rektor ITB STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan menilai WFB memberi efek positif bagi kehidupan ekonomi masyarakat. Bahkan, secara tidak langsung juga berdampak di dunia pendidikan.

ITB-STIKOM-Bali

“Pendidikan efeknya tidak langsung, jadi kalau pariwisatanya menggeliat efek langsungnya adalah orang-orang pariwisata. Dalam hal ini, pendidikan secara tidak langsung juga akan terangkat. Seiring membaiknya kondisi ekonomi, anak-anak bisa melanjutkan sekolah dan kuliah. Jadi prinsipnya kita sangat mendukung,” kata Dadang melalui sambungan telepon, Selasa, 15 Juni 2021.

Dadang melanjutkan, era normal baru 4.0 ini menjadi momen pemanfaatan teknologi informasi secara maksimal. Pandemi covid-19 memberikan banyak pelajaran di berbagai sektor. Ia mengatakan, di masa pandemi frekuensi penggunaan teknologi menjadi sangat tinggi. Jarak, waktu dan tempat tidak lagi menjadi halangan untuk tetap melakukan aktifitas.

“Saya lihat Pak Menteri Pariwisata kita kerjanya dari mobil, ada laptop ada jaringan internet, ada paket data. Perangkat teknologi informasi itu mendukung kita dapat bekerja dari mana saja,” kata Dadang Hermawan.

“Jadi sudah ada kebiasaan baru, new normal sekarang menjadikan tempat atau kedudukan tidak begitu penting lagi, dimana saja bisa bekerja,” tambahnya.

Ditambahkan, penyesuaian era kelaziman baru tidak cukup hanya dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

“Tetapi juga dengan menyiapkan generasi muda, menyiapkan anak-anak kita memasuki jenjang pendidikan yang sesuai dengan situasi sekarang dan ke depannya,” katanya.

Dadang meyakini, saat ini dan ke depan adalah eranya bisnis digital. Itulah maka sejak tahun 2020 lalu ITB STIKOM Bali membuka Progran Studi (Prodi) Bisnis Digital dan Prodi Teknologi Informasi untuk melengkapi Prodi Sistem Komputer, Prodi Sistem Informasi dan Prodi Manajemen Informatika. (Way)



Komentar

Berita Lain