oleh

Kembul Bujana, Awali Grebeg Sudiro 2020

-Budaya-288 views

LOKABALI.COM-Prosesi acara budaya Grebeg Sudiro kampung Sudiroprajan tahun 2020, akan di selenggarakan besuk pada tanggal 16 sampai dengan 25 Januarii 2020 yang di awali dengan prosesi kirab budaya umbul mantram kembul bujana.

‘Grebeg Sudiro tahun ini mengambil tema ‘Bersinergi Merawat Kebhinnekaan’ Kata Arga Dwi Setiawan, selaku ketua pelaksana Grebeg Sudiro 2020.

Masih menurut kata Arga, di gelarnya acara tahunan Grebeg Sudiro sebagai cara meningkatkan nasionalisme masyarakat Sudiroprajan dan masyarakat kota Solo pada umumnya. Sekaligus integrasi sosial, pluralisme dan akulturasi budaya Jawa Tionghoa.

Selain kirab umbul mantram kembul bujana, juga ada pentas seni, bazzar, wisata perahu dan karnaval budaya.

Dalam karnaval budaya tahun ini, sebanyak 4000 kue keranjang akan di kirabkan mengelilingi kawasan Pasar Gede, Solo. Selain 12 jodang makanan khas warga kampung Sudiro prajan dan 2 Jodang utama berupa miniatur keris dan miniatur balaikota Kota Surakarta.

Grebeg Sudiro Kampung Sudiroprajan selama ini sudah berjalan ke 13 kali.

Selama itu pula Grebeg Sudiro memberikan warna akulturasi budaya dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuam warga kota Solo. Selain tujuan utamanya membangun budaya dan periwisata di kota Solo.

Di rencanakan pada acara karnaval Budaya, Walikota Solo bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pariwisata akan turut serta pada iring iringan karnval.

“Start Karnaval dimulai dari depan Pasar Gede kemudian ke selatan menuju pertigaan telkom, terus ke timur menuju ketandan, keutara dan berakhir di Pasar Gede,” tutup Arga dalam keterangannya. (JK)

Komentar

Berita Lain