oleh

Banyak Spot Instagramable di Sinalang Fam Camp, Kampung Koboi di Purworejo

-Jelajah, Spot-580 views

LOKABALI.COM – Obyek wisata yang satu ini, bernama bernama Kampung Koboi, berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Kutoarjo, Purworejo.

Lokasi Kampung Koboi yang diberi nama Sinalang Fam Camp ini, tidak jauh dari pusat Kota Purworejo, hanya sekitar 20 kilometer ke arah barat, atau berjarak sekitar 8 kilometer dari Kantor Kecamatan Kutoarjo ke arah utara.

“Sesuai namanya, wisata alam seluas lima hektar ini mempunyai keunikan tersendiri, yakni dibuat seperti perkampungan koboi ala Amerika,” jelas Buntoro, Kepala Desa Karangrejo (12/7).

Untuk menambah kekhasannya, terang Buntoro, pengelola membuat areal bermain dengan nuansa perkampungan Indian Amerika. Pengelola juga menyediakan sarana bagi pengunjung untuk berkuda.

Memasuki Kampung Koboi, seperti memasuki dunia koboi Amerika. Gerbang utama destinasi wisata ini, dibuat semirip mungkin dengan suasana film koboi. Seperti papan nama yang terbuat dari kayu, ornamen-ornamen khas koboi yang tertempel di pintu masuk, serta kuda-kuda yang sudah siap sedia untuk digunakan berkeliling kampung koboi.

“Saat ini sudah ada 4 kuda disini. Para pengunjung bisa merasakan sensasi naik kuda seperti koboi. Setiap hari sudah mulai ramai dikunjungi warga,” kata Buntoro.

Di tempat ini, lanjut Buntoro, juga terdapat beberapa fasilitas seperti gardu pandang untuk menikmati sunset maupun sunrise, bumi perkemahan, fasilitas outbond anak-anak, labirin, jalan 3D, gedung pertemuan dan padang sabana.

Di kampung koboi ini juga disediakan spot-spot cantik untuk penggemar swafoto maupun fotografi.

Di Desa Karangrejo, menurut Buntoro, terdapat bukit Sinalang dengan spot-spot cantik untuk kegiatan fotografi, juga mempunyai padang rumput sabana, serta mini hutan jati milik warga. Tidak hanya itu. Juga ada perkebunan jambu biji dan jeruk yang dimanfaatkan sebagai agrowisata.

Buntoro berharap, nantinya Kampung Koboi Sinalang Fam Camp ini tidak hanya sebagai tempat rekreasi saja, melainkan bisa menjadi tempat edukasi, dan juga olahraga.

Selain area wisata, pihak desa telah menyiapakan 10 hektar lahan untuk pengembangan di tahun-tahun mendatang. Dengan banyaknya pengunjung yang datang secara otomatis juga akan menggerakkan perekonomian warga sekitar sehingga kesejahteraan akan meningkat.

“Pembangunanfasilitas-fasilitas sudah dilakukan di area wisata ini dan akan terus ditingkatkan,” pungkas Buntoro. (Jon)

Komentar

Berita Lain