oleh

Air Terjun di Klungkung ini Baru Ditemukan dan Masih Perawan

-Jelajah, Spot-723 views

LOKABALI.COM – Masih banyak tempat tersembunyi di Bali yang belum dieksplorasi dan berpotensi jadi obyek wisata baru.

Seperti spot air terjun di Desa Nyanggelan, Klungkung yang baru terungkap. Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 dari Kodim 1610/Klungkung menemukan air terjun setinggi 20 meter itu ketika tengah membuka akses jalan.

“Satgas kami melaksanakan pra TMMD bersama warga melakukan pembersihan lokasi kegiatan, disitu ternyata ada air terjun yang masih alami,” jelas Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon, S.E, M. Tr., (Han).

Desa Nyanggelan berada di sebelah Barat Tukad Jinah yang merupakan aliran sungai terbesar di Klungkung.

Paulus mengakui, untuk mengakses lokasi air terjun medannya sangat sulit. Kondisi alam yang masih asri dan jarang tersentuh manusia, menjadikan areal sekitar air terjun itu tertutup rapat oleh pepohonan.

Kondisi alam di sekitar air terjun tanpa nama ini masih sangat asri dan jarang dirambah oleh warga – foto: Istimewa

“Kawasan disitu masih berupa hutan kecil dan lembah dengan semak belukar yang lebat. Kami bahkan harus membuat jalan baru agar bisa menembus,” terang Paulus.

Perbekel atau kepala desa setempat, Wayan September menambahkan, asalkan ada akses jalan, warga pasti akan memanfaatkan lokasi tersebut terutama air bersih.

“Selama ini tidak pernah ada yang merambah karena memang akses jalannya sulit. Mudah-mudahan nanti kami dapat mengembangkan sumber alam ini untuk wisata,” jelas Wayan September. (*)

Komentar

Berita Lain