oleh

Bakti Sosial dan Bersih Pantai, Denkav 4/SP Kodam IX/Udayana Peringati HUT Ke-3

-Berita-145 views

LOKABALI.COM – Detasemen Kavaleri 4/Shima Pasupati terbentuk pada 12 April 2018 sesuai Sprint KASAD Nomor/3852/XI/2017 tanggal 28 November 2017 Kikavser Kodam IX/Udayana. Tahun 2021, kesatuan yang bermarkas di kawasan Kuta ini telah berusia 3 tahun.

Secara rutin, setiap peringatan hari jadi, kesatuan Denkav 4/SP Kodam IX/Udayana, melaksanakan safari bakti sosial ke panti asuhan maupun pasraman Hindu.



Bakti sosial di Yayasan Shanti Yadnya yang merupakan salah satu pasraman Hindu di Denpasar, dalam memperingati HUT Ke-3 Denkav 4/SP Kodam IX/Udayana, Jumat, 9 April 2021 – foto: Lokabali. com

Komandan Detasemen Kavaleri 4/Simha Pasupati Mayor Kav Yusriadi menjelaskan, rangkaian kegiatan diawali pada Jumat (9/4/2021) dengan mengunjungi Yayasan Al Ittihad Rasyid Wa Habib di Pemecutan Kelod, Denpasar Barat dan Yayasan Shanti Yadnya di jalan Tukad Batanghari II, Panjer, Denpasar Selatan.

Bakti sosial dilakukan dengan menyerahkan barang kebutuhan pokok dan yang tunai kepada pengurus Panti Asuhan dibawah yayasan Al Ittihad Rasyid Wa Habib.

“Kita melakukan secara rutin setiap memperingati HUT kesatuan kita, dan saat ini bertepatan dengan pandemi yang masih berlangsung, maka kami berusaha ikut meringankan beban saudara-saudara kita,” kata Yusriadi, Jumat, 9 April 2021.

Selain itu, bakti sosial juga dilakukan di Yayasan Shanti Yadnya di kawasan jalan Tukad Batanghari, Denpasar. Pasraman Hindu itu memfasilitasi kegiatan pendidikan, tata cara pembuatan banten (sesaji), menanamkan budi pekerti, aktifitas yoga maupun pendidikan etika.

Dikatakan Yusriadi, pihaknya berharap pemangku kepentingan di Yayasan Shanti Yadnya juga turut mendoakan pimpinan dan anggota Denkav 4/SP Kodam IX/Udayana agar mendapatkan perlindungan selama menjalankan tugas.

“Tujuan kami tak lain meminta restu dan doa dari para pengempu di yayasan Shanti Yadnya agar turut membantu secara spiritual, sehingga kami dapat menjalankan tugas dengan baik,” jelasnya.

Sementara, Ketua Yayasan Al Ittihad Rasyid Wa Habib, Hairudin menyatakan, pihaknya berterima kasih kepada Kesatuan Denkav 4/SP Kodam IX/Udayana yang telah memberikan perhatian.

Menurut Hairudin, selama ini dirinya mengakui, kendala pengelolaan yayasan ada pada finansial untuk mencukupi kebutuhan anak asuh dan menyekolahkan mereka.

“Karena hampir setiap tahun, hampir bisa dipastikan anak asuh kita bertambah, mereka membutuhkan pengasuhan dari Yayasan,” kata Hairudin.

Rangkaian HUT Ke-3 Denkav 4/SP Kodam IX/Udayana itu juga menyerahkan bantuan logistik kepada para pengungsi badai siklon tropis Seroja di posko Naibonat, Kupang.

“Seperti kita tahu, saudara-saudara kita di NTT sangat membutuhkan bantuan untuk membantu mereka bertahan di tengah musibah, kita sedang siapkan penyaluran logistiknya,” kata Yusriadi.

Bakti sosial yang juga diadakan yakni, Karya Bakti dengan membersihkan sampah di Pantai Kuta pada Sabtu (10/4/2021). Sedangkan puncak acara HUT Ke-3 Denkav 4/SP Kodam IX/Udayana rencananya akan dilaksanakan pada 12 April 2021. (Ros)



Komentar

Berita Lain