oleh

Kesatuan Denkav 4/SP Bersihkan Sampah di Pantai Kuta Dukung Citra Positif Pariwisata Bali

-Berita-561 views

LOKABALI.COM – Komandan Detasemen Kavaleri 4/Simha Pasupati Mayor Kav Yusriadi mengatakan, Bali terkenal dengan pariwisata dan alamnya yang indah. Lingkungan yang bersih akan memberikan citra yang baik dalam mendukung kepariwisataan.

“Kami coba menggunakan kemampuan yang kami punya untuk melakukan kegiatan karya bakti bersih-bersih pantai Kuta,” kata Yusriadi ditemui di Yayasan Al Ittihad Rasyid Wa Habib, Denpasar Barat, Jumat (9/4/2021).

KSU-Pemogan

Seperti diketahui, salah satu tugas TNI selain perang adalah menjaga kelestarian lingkungan. Hal itu yang mendorong kesatuan Detasemen Kavaleri 4/Simha Pasupati Kodam IX/Udayana melakukan kegiatan kebersihan alam dan lingkungan.

Terlebih, dalam rangkaian menyambut HUT Ke-3 Denkav 4/SP yang puncaknya jatuh pada 12 April 2021. Salah satu kegiatan yang dilakukan Kesatuan Denkav 4/SP bersama yakni, bersih-bersih sampah di sepanjang Pantai Kuta.

Sejumlah elemen masyarakat mengikuti karya bakti tersebut diantaranya, Danramil 1611-03/Kuta dan Babinsa Kuta, Kapolsek Kuta dan Babinskamtibmas Kuta, LPM Kuta, Pengcab Perguruan Setia Hati Teratai (PSHT) Badung serta petugas kebersihan pantai Desa Adat Kuta.

Acara yang berlangsung Sabtu (10/4/2021) pukul 07.00 Wita itu menyisir sepanjang pantai Kuta. Sampah-sampah yang masih bertebaran di pasir dibersihkan untuk kenyamanan pengunjung. 

Sejumlah elemen masyarakat mengikuti karya bakti tersebut diantaranya, Danramil 1611-03/Kuta dan Babinsa Kuta, Kapolsek Kuta dan Babinskamtibmas Kuta, LPM Kuta, Pengcab Perguruan Setia Hati Teratai (PSHT) Badung serta petugas kebersihan pantai Desa Adat Kuta – foto: Lokabali.com

Danki Markas Denkav 4/SP Kapten Kav I Gede Wirabudhi berharap, karya bakti akan terus dilakukan secara berkesinambungan.

“Tidak hanya pada saat HUT Denkav saja, namun pada hari-hari tertentu kita juga bisa melakukan karya bakti seperti sekarang,” kata Gede Wirabudhi.

Sementara, Ketua Cabang Pengurus PSHT Kabupaten Badung Edi Kuswanto mengaku, keterlibatan puluhan pendekar PSHT dalam menjaga lingkungan menjadi bentuk tanggung jawab perguruan. Kedisiplinan yang ditanamkan bukan hanya pada kemampuan bela diri semata, namun juga kepekaan terhadap lingkungan dan masyarakat.

“Kita libatkan sekitar 40 anak didik di perguruan PSHT untuk mengikuti Karya Bakti sekarang. Ini sebagai bentuk sinergi antara TNI, khususnya Denkav 4/SP dengan elemen masyarakat dari warga PSHT,” kata Edi.

Salah satu bentuk kegiatan peduli terhadap Bencana di NTT, satuan Denkav 4/SP mengadakan kegiatan Bhakti sosial berupa pemberian sembako di Posko SD Desa Tuapukan, Kec. Kupang Timur, Kab. Kupang, NTT, Sabtu, 10 April 2021 – foto: Istimewa

Di tempat terpisah, Kikav 2 Denkav 4/SP di Naibonat Kupang juga menyerahkan bantuan kepada para korban dan pengungsi bencana banjir bandang akibat pengaruh siklon Seroja beberapa waktu lalu.

Bantuan logistik disalurkan melalui posko-posko penanggulangan bencana yang ada di wilayah NTT pada Sabtu, 10 April 2021. (Ros)



Komentar

Berita Lain