oleh

Tanam Pohon dan Lepas Burung, Sekelompok Pemuda Krajan Menggelar Upacara Di Tugu Kebangkitan

-Budaya-216 views

LOKABALI.COM- Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2023, sekelompok pemuda dari kampung Krajan, Sumber, Banjarsari , Solo menggelar upacara di tugu kebangkitan.

Menurut Restu, selaku koordinator kelompok pemuda Krajan dikatakan, upacara di tugu kebangkitan untuk mengiingat kembali perjuangan para pahlawan. Semangat dari para pendahulu hendaknya dapat kita tiru dan tularkan melalui berbagai kegiatan positif di tengah masyarakat.

‘Banyak hal yang bisa di lakukan oleh para pemuda, salah satunya menjaga pelestarian dan keseimbangan alam ‘ Terangnya.

Oleh karena itu saat upacara peringatan hari Sumpah Pemuda kali ini, kami melepas satu ekor burung perkutut dan menanam pohon bodhi sebagan simbul memberikan kehidupan dan menjaga keseimbangan alam semesta, imbuhnya.

Ki Lawu Warta, selaku budayawan Jawa mengatakan, 28 Oktober merupakan bulan kebangkitan pemuda. Bila kembali membaca dan menyimak perjalanan bangs aini dapat kita ketahui, jika pemuda merupakan garda terdepan dalam perjuangan bangsa. Mereka di pilih menjadi pribadi pribadi yang tangguh dan berani bertanggung jawab.

Sebuah gambaran dari sebuah peristiwa sebagai dharma bhakti di dalam mempertahankan bumi pertiwi ’ Sedumuk bathuk senyari bumi, di belani tohi ng pati’ Urai Ki Lawu Warta dalam keteranganya

Perwujudan dharma bhakti para pemuda tentunya di landasi dengan welas asih, melepas kepentingan pribadi mengorbankan jiwa dan raga. Sebagaimana tertuang dalam sikap hidup Jawa ‘ Lamun sira wani aja wedi, dene sira ajrih haywa sura.

Pewarisan nilai budaya luhur bangsa ini berakar dari keragaman adat suku yang terangkai dalam Bhinneka Tunggal Ika, satu hati satu negeri, satu hati satu bumi. Yang memberikan daya guna bagi kehidupan dan bermuara menjadi karya agung peradaban Nusantara./ Tok

Follow Lokabali.com di Google News



Komentar

Berita Lain