oleh

Saparan, Merti Dusun Warga Desa Harjobinangun

-Tradisi-133 views

LOKABALI.COM – Warga Desa Harjobinangun, Pakem, Sleman, Minggu siang (20/10/19) menggelar acara tradisi Merti Dusun yang digelar bertepatan pada bulan Sapar dalam kalender penanggalan Jawa.

Dengan mengambil tema ‘Sa’eka Praya ing Sadya, Sa’eka Kapti ing Pakarti’ yang dimaknai wujud kebersamaan manunggal bersatu, warga padukuhan mensyukuri indahnya persatuan, kerukunan dan gotong royong dalam acara Merti Dusun.

“Tradisi merti dusun dikenal juga dengan nama Saparan. Yang digelar setiap tahun bergantian dari satu Dukuh ke Dukuh yang lain,” kata Artha, salah satu warga Desa Harjobinangun.

Diawali dari Dusun Trojayan, Tebonan, Randujayan dan Dusun Ngampel.

Setiap dusun membuat satu gunungan berisi sayur mayur hasil bumi sebagai ungkapan wujud rasa syukur kepada alam yang telah memberikan manfaat dan berkah kehidupan bagi penduduk desa.

Selain gunungan, warga pedukuhan juga memberikan sesaji nasi rasulan lengkap dengan lauknya, sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Kuasa.

Seluruh sesaji setelah di doakan kemudian di makan bersama sama oleh seluruh warga desa. Banyak nilai manfaat dalam Merti Dusun, selain mempererat tali silaturahmi, generasi muda dikenalkan kembali budaya Adi Luhung yang sarat akan nilai-nilai luhur.

Generasi muda juga di edukasi pentingnya pelestarian budaya sebagai pembangunan karakter dan jati diri bangsa, tutupnya. (*)

Komentar

Berita Lain