oleh

Pariwisata Bali di Era Normal Baru akan Banyak Berubah

-Spot-147 views

LOKABALI.COM – Pariwisata Bali yang akan dibuka segera setelah ada keputusan nasional mulai diwacanakan sejak sekarang. Banyak persiapan yang perlu dilakukan dalam membenahi pariwisata Pulau Dewata di era normal baru.

“Dalam menghadapi era tersebut membutuhkan kesiapan yang sangat detail dan banyak,” jelas Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati di acara webinar bersama Bali Tourism Board (BTB), Senin, 18 Mei 2020.

Situasi normal baru itu, menurut tokoh pariwista nasional Bali ini, akan merubah segala perilaku orang-orang. Pelaku usaha jasa wisata perlu menyiapkan tiga hal dasar prioritas untuk menunjang sektor pariwisata yakni, kebersihan, kesehatan dan keamanan.

Wagub juga menjelaskan tiga aspek yang perlu disiapkan sejak awal yakni, waktu, biaya dan SDM. Perhitungan waktu terkait dengan pertimbangan tepat, kapan Bali dibuka kembali.

Soal biaya, menurut Cok Ace, menuntut kalkulasi penunjang terkait penyediaan kebutuhan protokol kesehatan. Perlindungan kesehatan menurutnya, menjadi tuntutan yang harus dipenuhi di era normal baru.

“Kita juga perlu SDM yang memahami standar protokol kesehatan,” jelas tokoh Puri Ubud ini.

Ketua BTB Ida Bagus Agung Partha Adnyana menyatakan, reopening Bali harus diperhitungkan secara matang. Menurutnya, strategi yang diterapkan sektor pariwisata di era normal baru juga berubah.

“Mengetahui potensi market secara jelas, misalnya, diawal (reopening) yakni market domestik dan SOP-nya,” kata Agung Partha Adnyana.

Kalangan Perbankan menurutnya, diharapkan mendukung pertumbuhan pariwisata Bali di era normal baru. (Way)

Komentar

Berita Lain