oleh

Dosen ITB STIKOM Bali Bangun Kemitraan Tridharma Perguruan Tinggi di SMAN 1 Blahbatuh

LOKABALI.COM – Sejalan dengan disiplin ilmu yang dikuasai, dosen memiliki tugas terapan di luar kampus yakni, pengabdian kepada masyarakat. Tri Dharma Perguruan Tinggi mengamanatkan kewajiban dosen turun di tengah masyarakat sebagai sebuah kebaikan untuk menerapkan ilmunya.

Hal ini yang dilakukan oleh tiga dosen ITB STIKOM Bali. Ketiga dosen itu masing-masing, I Made Agus Wirahadi Putra, S.Pd., M.Eng, I Komang Dharmendra, S.Kom., M.T dan Tubagus Mahendra Kusuma, SE., M.Si.

KSU-Pemogan

Ketua Tim Pengabdian I Made Agus Wirahadi Putra mengatakan, ITB STIKOM Bali sebagai salah satu perguruan tinggi IT di Bali, memiliki tanggung jawab moral untuk membantu lembaga pendidikan agar segera beralih dari pembelajaran konvensional ke pembelajaran daring.

“Di sinilah penerapan media pembelajaran yang interaktif sangat diperlukan untuk meningkatkan semangat dan ketertarikan para siswa untuk belajar dari rumah, sekaligus memutus penyebaran Covid-19,” jelas Agus Wirahadi, Rabu, 7 Juli 2021.

Sasaran pengabdian masyarakat dilakukan di SMAN 1 Blahbatuh, Gianyar, Bali. Sekolah yang beralamat di Jalan Astina Raya, Blahbatuh itu, mendapatkan materi penggunaan media online dalam menyusun media pembelajaran daring yang interaktif.

Kegiatan diawali dengan pengenalan platform online untuk membantu pembuatan materi pembelajaran. Kemudian dilanjutkan dengan praktek penggunaan platform online dan contoh penerapan pada salah satu materi pembelajaran. Kegiatan diakhiri dengan diskusi bersama para guru sebagai peserta kegiatan.

Sementara, Wakasek Kurikulum SMAN 1 Blahbatuh, I Made Aryawan mengaku sangat puas dengan pelaksanaan pengabdian masyarakat oleh para dosen ITB STIKOM Bali.

“Materi yang disampaikan sangat bermanfaat bagi para guru dalam mempersiapkan proses pembelajaran. Saya berharap, kegiatan pengabdian masyarakat ini lebih sering lagi dilakukan di SMAN 1 Blahbatuh,” kata Made Aryawan.

Pengabdian masyarakat itu dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang cukup ketat. Selain itu, para dosen dibantu oleh dua orang mahasiswa yakni, I Kadek Seneng dan Ni Komang Ari Pridayanti. Termasuk, seorang alumni ITB STIKOM Bali Pasek Sutri Parto Utomo, S.Kom. (Way)



Komentar

Berita Lain