oleh

Bali Staya Madani, Satu-satunya Koperasi di Bali yang Menggelar RAT Pertama di Tahun 2021

LOKABALI.COM – Bali Satya Madani (BSM) adalah koperasi simpan pinjam yang sudah berdiri sejak 4 tahun lalu. Sejak berdiri, BSM telah mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebanyak 4 kali.

RAT selalu diadakan di awal tahun. Untuk tahun 2021 BSM merupakan satu-satunya Koperasi Simpan Pinjam yang pertama kali mengadakan RAT di Provinsi Bali.

ITB-STIKOM-Bali

BSM yang berlokasi di Jl. WR.Supratman Nomor 232, Denpasar ini, merupakan bentukan dari Ode Nant, sebuah bidang usaha yang bergerak di bidang konveksi. Anggota BSM sebanyak 350 orang yang merupakan karyawan Ode Nant, pelaku UMKM dan Reseller Ode Nant dan juga masyarakat umum.

“BSM hanya fokus pada simpan pinjam,” jelas Ketua Koperasi Bali Satya Mandani (BSM), Cok Istri Mirah, di Kantor BSM Denpasar, Kamis (4/3/2021).

Cok Mirah mengatakan, sistem koperasi BSM sama seperti bank yakni, mengutamakan kejujuran dan loyalitas dari pada pengurus.

Mengenai sistem pembayaran, ia mengatakan dalam kondisi pandemi saat ini, kadang-kadang ada kendala dalam penagihan. Tetapi karena anggota koperasi rata-rata pelaku UMKM dan karyawan Ode Nant, maka tidak pernah ada penangguhan atau penundaan pembayaran.

“Kita menerapkan cara tertentu agar mereka tidak menunda pembayaran,” jelas Cok Mirah.

Sementara itu, untuk menjadi anggota, pihaknya memberlakukan syarat antara lain, harus membayar simpanan pokok, simpanan wajib, membayar administrasi dan menyerahkan KTP.

Di koperasi BSM ini anggota juga mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU). Selain itu juga memberikan hadiah, voucher, dan uang kehadiran.

“Karena koperasi kita berinvestasi di kafe, milenium mini market kita memberikan voucher belanja, dan hadiah-hadiah kepada anggota,” tambahnya.

Sedangkan untuk kemajuan koperasi, ia selalu berinovasi dan mengerti kondisi lapangan. Pihaknya juga membantu para anggota dan memberdayakannya. Ia juga berharap dimasa pandemi seperti ini koperasi tetap bisa melayani dan membantu para anggotanya. (Ros)



Komentar

Berita Lain