oleh

ITB STIKOM Bali Menjadi yang Terdepan dengan Gemilang Prestasi di Usia 19 Tahun

LOKABALI.COM – Puncak perayaan} Dies Natalis ITB STIKOM Bali yang ke-19 berlangsung secara sederhana, Selasa, 10 Agustus 2021. Puncak perayaan yang berlangsung hybrid dari Aula ITB STIKOM Bali, tampak juga menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Kampus yang mengusung tagline ‘Always the First’ tersebut, akan menginjak usia dua dasawarsa tahun depan. Pencapaian di usia 19 tahun di tahun 2021 ini, kata Rektor ITB STIKOM Bali Dr Dadang Hermawan, sangat membanggakan.

ITB-STIKOM-Bali

“Dies natalis di tengah situasi pandemi Covid-19 ini membawa kita ke dalam suasana perayaan yang sederhana dan terbatas. Meskipun demikian telah dipersiapkan link zoom dan siaran langsung melalui channel youtube STIKOMERS TV yang bisa diakses dari seluruh dunia,” ujar Rektor ITB STIKOM Bali, Dr. Dadang Hermawan.

Dadang melanjutkan Kampus IT terbesar di Bali Nusra ini telah diakui berbagai kalangan dan lapisan masyarakat, baik instansi pemerintah maupun swasta, bisnis maupun sosial, masyarakat biasa maupun tertentu, lokal, nasional maupun internasional.

“Pada hari yang berbahagia ini, perkenankan kami untuk menyampaikan sejumlah pencapaian Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali mulai Agustus 2020 hingga Juli 2021,” jelasnya.

Dikatakan, saat ini jumlah mahasiswa baru ITB STIKOM Bali angkatan 2021 yang sudah registrasi sejumlah 1.080 orang atau naik 2% dari tahun lalu. 86% diantatanya merupakan putra/i daerah Bali. Sedangkan sisanya datang dari hampir 33 provinsi yang ada di Indonesia bahkan dari luar negeri.

Sedangkan jumlah alumni sampai dengan wisuda angkatan 27, tercatat sebanyak 7.348 orang. Tamatannya telah bekerja dan berwirausaha di berbagai bidang/sektor baik pemerintah (PNS, TNI, Polri, BUMN/D) maupun swasta di dalam maupun di luar negeri.

Dadang menyampaikan, ITB STIKOM Bali tahun ini masuk peringkat 117 Nasional dari 4.593 Perguruan Tinggi se-Indonesia. Posisi itu sekaligus menampakkan ITB STIKOM Bali sebagai Kampus terpopuler No. 1 dari 161 PTS di Bali Nusra berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities.

Selain itu, kampus juga memperpanjang kerjasama dengan PT Microsoft Indonesia. Terutama, dalam penggunaan software asli secara nyaman dan aman bagi para civitas akademika dengan menandatangani Microsoft Campus Agreement yang ke 16 kalinya pada tahun 2021.

“Demi menjaga kualitas penjaminan mutu, sejak 15 tahun yang lalu, kami telah melaksanakan Sistem Manajemen Mutu (SMM) yang telah tersertifikasi secara internasional melalui sertifikasi ISO 9001-2000, 9001-2008 dan saat ini 9001-2015,” kata Dadang.

Salah satu tugas dari penjaminan mutu adalah melaksanakan survei kepuasan mahasiswa disamping kepuasan alumni, orang tua, dunia usaha, dosen dan tenaga kependidikan.

Dadang menambahkan, Kepuasan mahasiswa atau customer satisfaction index (CSI) semester genap tahun ajaran 2020/2021 adalah 76,56 % meningkat dari semester sebelumnya yakni 74,59%.

Saat ini STIKOM Bali bermitra dengan TUV Rheinland Germany tetap menjaga kualitas mutu keseluruhan proses pendidikan, Tri Dharma, serta proses administrasi dan layanan akademik,” ujarnya.

Dadang juga mengungkap bahwa ITB STIKOM Bali kini telah memiliki dua Fakultas, yakni Fakultas Informatika dan Komputer dengan tiga Program Studi serta Fakultas Bisnis dan Vokasi dengan dua Program Studi. Selain itu, ada juga kelas internasional atas kerjasama ITB STIKOM Bali dengan salah satu universitas asing, yakni HELP University.

Dalam menyemarakkan kegiatan perayaan Dies Natalis ke-19 ini telah dilaksanakan juga kegiatan ‘Berbagai Kasih ITB STIKOM Bali Peduli’ kepada masyarakat yang terdampak pandemi. Bakti Sosial diperlukan dalam bentuk pembagian sembako, pembagian masker dan hand sanitizer serta 1.500 nasi bungkus yang disebar di 8 titik lokasi wilayah Denpasar serta Kegiatan Sosial Donor Darah di Kampus ITB STIKOM Bali.

“Lalu barusan kita berbagi dengan sekitar 50 orang tenaga pengamanan dan cleaning service berupa pembagian paket sembako,” ujarnya.

Pembina Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar, Prof Made Bandem menyampaikan selamat dan juga rasa bangganya atas berbagai prestasi yang dicapai ITB STIKOM Bali ini. Dalam kesempatan itu, Prof Bandem juga berharap tahun 2021 ini akan menjadi tahun awal kebangkitan dan langkah awal bagi pemulihan pasca pandemi Covid-19 yang berdampak signifikan terhadap kehidupan masyarakat.

“Ada hikmah dan pelajaran dipetik dari pandemi ini, yakni kebersatuan, fleksibilitas dan kreativitas di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang terbukti mampu membuat roda kehidupan berputar. Contohnya, mempercepat pembuatan oksigen, dan vaksin Covid-19, kemudian teknologi, e-commerce, dan lain sebagainya. Inilah yang dilakukan ITB STIKOM Bali, sehingga berhasil meraih prestasi puncak yang luar biasa,” kata Made Bandem. (Way)



Komentar

Berita Lain