oleh

Angka Transaksi Tabungan di KSU Pemogan Meningkat di Tengah Lesunya Ekonomi, Ini Kiat yang Dibangun

LOKABALI.COM – Koperasi Serba Usaha (KSU) Pemogan yang memiliki catatan bergengsi sebagai koperasi berprestasi tingkat nasional, sempat goyah akibat pandemi COVID-19.

Namun, berkat pengalaman para pengelola dan jumlah anggota yang terus meningkat, KSU Pemogan mampu melawati masa-masa berat dampak dari pandemi.

KSU-Pemogan

Ketua KSU Pemogan I Dewa Bagus Putu Budha menjelaskan, di masa-masa pandemi transaksi anggota terutama menabung justru mengalami peningkatan.

“Tapi yang menjadi persoalan sekarang, para peminjam, karena pendapatan mereka berkurang maka berpengaruh kepada angsuran kredit. Tapi masalah dana bertambah,” kata Dewa Bagus Putu Budha, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Peningkatan itu juga sejalan dengan penambahan anggota baru sebanyak 5 orang. Dalam kondisi masih pandemi, keikutsertaan anggota baru di dalam koperasi menjadi nilai positif untuk memproyeksikan kondisi koperasi kedepannya.

Pengelola KSU Pemogan membangun strategi dengan memperbanyak kredit sepanjang jaminan masuk dalam perhitungan, dengan membuat kesepakatan membayar kredit dan bunga diturunkan. Selain itu, untuk memperlancar angsuran, manajemen KSU Pemogan menerapkan peringatan denda.

“Selama pandemi tetap memberikan pinjaman tetapi jarang ada orang meminjam. Dampak pandemi ini lebih berpengaruh kepada angsuran anggota saja yang menurun,” ujarnya.

Terkait dengan pemulihan pariwisata Bali yang kini tengah berlangsung, Budha mengatakan, tidak ada perubahan kegiatan yang mendasar. Bidang usaha tetap sama diantaranya melayani simpan pinjam para anggota.

Sebab, membangun terobosan usaha baru perlu ada pembahasan dan diputuskan melalui rapat anggota. Hanya saja, menurut Dewa Bagus Putu Budha, pihaknya tengah menggali potensi usaha baru yang sesuai di lingkungan Desa Pemogan, Denpasar.

“Kami tengah menyusun program kerja tahunan 2022,” jelas Dewa Bagus Putu Budha. (Sys)



Komentar

Berita Lain