oleh

TMMD Sengkuyung Tahap II 2024 Resmi Di Tutup: Kodim Surakarta Rampungkan Seluruh Pengerjaan Pembangunan

-Berita-84 views

LOKABALI.COM- Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2024 secara resmi di gelar di lapangan Lokananta Laweyan, Solo, melalui upacara yang di hadiri jajaran forkopimda Kota Surakarta.

Melalui tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah”, Dandim 0735/Surakarta, Letkol Infantri Eko Hardianto, SH,.M.I.P, yang juga bertindak selalu inspektur upacara, menutup dengan membacakan amanat dari Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Dedy Suryadi, S.I.P,. M. Si.

“Perlu saya sampaikan bahwa program TMMD yang telah diselenggarakan selama lebih dari delapan dekade ini merupakan salah satu Program Bakti TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka percepatan pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur untuk masyarakat, khususnya yang tinggal di pedesaan dan daerah-daerah terpencil” kata Pangdam Diponegoro dalam amanatmya.

Kami menyadari, TNI dalam hal ini Kodam IV/Diponegoro tidak dapat bergerak sendiri melaksanakan program tersebut. Senantiasa membutuhkan dukungan dari semua pihak.

Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini saya mengucapkan terima kasih kepada para Bupati dan Wali Kota beserta seluruh jajaran Forkopimda, pejabat dinas, anggota TNI-Polri setempat, dan segenap warga masyarakat yang selama ini bersama TNI dengan penuh semangat bahu membahu menuntaskan program-program TMMD di wilayah masing-masing.

“TMMD Reguler ke-120 dan Sengkuyung tahap II TA 2024 ini mengambil tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”.

Yang di maknai bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri dan masyarakat secara bersama-sama mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian TNI bersama seluruh unsur yang di wilayah untuk bangsa dan negara.

Pada program tahap II TA 2024, Kodam IV/Diponegoro menggelar TMMD Reguler ke-120 di beberapa Kabupaten diantaranya Kabupaten Wonososbo, Sukoharjo, Banjarnegara dan Semarang.

Selain di empat Kabupaten tersebut, seluruh Kodim di jajaran Kodam IV/Diponegoro juga menyelenggarakan TMMD Sengkuyung, sebagai wujud tekad Kodam IV/Diponegoro dalam membantu percepatan pembangunan di daerah secara merata dan menyeluruh.

Pada penyelenggaraan TMMD tahap ini, telah berhasil diselesaikan pekerjaan sasaran fisik seperti pembangunan rabat beton, pembangunan jalan, pembangunan jembatan, pembangunan talud jalan dan pembangunan jamban.

Sementara itu untuk sasaran non fisik diantaranya meliputi sosialisasi, Penyuluhan Penegakan Perda, Kesehatan, penurunan stunting, posyandu, wawasan kebangsaan, bahaya narkoba, swasembada pangan dan penanggulangan bencana alam.

Selanjutnya juga dilaksanakan sasaran yang menjadi program unggulan Bapak Kepala Staf Angkatan Darat yang meliputi program pompanisasi, penanaman pohon, pemberrsihan pasar dan sungai, rehab RTLH, pembuatan sumur bor, pembagian sembako, program ketahanan pangan dan rehab Masjid.

Sekali lagi saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah bekerja secara maksimal, sehingga sasaran fisik maupun non fisik TMMD dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Sementara itu pada program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2024, Kodim 0735/Surakarta terang Dandim, sudah melalukan pengerjaan Talud Sungai seoanjang 233 meter di Jl. Nangka Raya RT 02 RW 9 Kelurahan Kerten Kecamatan Laweyan,

Sedangkan untuk sasaran non fisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan bela negar, penyuluhan penanaman nilai nilai ideologi Pancasila, penyalahgunaan narkoba, penyuluhan KB Kesehatan dan Stunting, penyuluhan Mitigasi Banjir dan Kebakaran, penyuluhan Pengelolaan Sampah, penyuluhan Administrasi Kependudukan, pembagian sembako untuk masyarakat kurang mampu yang semuanya telah selesai 100%.

“Seluruh kegiatan telah selesai dengan baik dan tepat waktu, harapan saya, semoga apa yang telah di kerjakan bisa bermanfaat bagi warga’ tukasnya.
Arda/Djk

 

Follow Lokabali.com di Google News



Komentar

Berita Lain