oleh

5 Top Menu Terpopuler Rumah Makan Terlaris di Kota Solo

-Kuliner-150 views

LOKABALI.COM-Ketatnya wirausaha kuliner di Kota Solo tidak hanya membuat para competitor, berusaha meracik bumbu dan rempah untuk menghasilkan cita rasa kuliner terbaik yang bisa di hidangkan kepada para palanggan.

Akan tetapi mereka juga menjadikan kuliner dengan cita rasa terbaik tersebut, sebagai menu favorit di rumah makan tempat para competitor membangun wirausahanya.

Dari sekian banyak menu favorit yang memiliki cita rasa khas unggulan rumah makan di Kota Solo, beritajawatengah.com melansir 5 top menu terpopuler yang banyak di jadikan pilihan dan rekomendasi bagi para pecinta kuliner Nusantara saat berkunjung ke Kota Solo.

1. Ayam Goreng Kartini
Rumah makan Ayam Goreng Kartini terletak di Jalan Bhayangkara No. 47, Panularan, Solo atau tepatnya di sebelah selatan gedung Balai Latihan Kerja Kota Surakarta .

Rumah Makan Ayam Goreng Kartini menyajikan menu andalan ayam goreng kampung dengan tekstur rasa gurih, empuk dan lembut.

Rasa gurih ayam goreng tersebut di hasilkan tidak hanya dari dari bahan baku daging ayam kampung asli yang memang sudah memiliki rasa alami gurih. Akan tetapi proses memasak yang lebih dulu di rendam dengan air kelapa dengan tambahan racikan bumbu rempah, serta proses penggorengan yang menggunakan minyak goreng alami, membuat cita rasa ayam goreng kartini semakin bertambah kuat.

Belum lagi tambahan sambal bawang , sayur trancam dan lalapan daun pepaya, membuat cita rasa tersebut semakin lengkap kelezatanya.

Cita rasa favorit ayam goreng kampung ini kerap membuat para pelanggan ketagihan, sehingga menjadi brand bagi menu andalan Rumah Makan Ayam Goreng Kartini.

Selain menu andalan ayam goreng kampung, Rumah Makan Ayam Goreng Kartini juga melengkapi menu Gurame Asem Manis, Sup Ikan Patin, Gurame Saos Padang, Ca Kangkung, Sayur Asem Betawi dan kudapan tape goreng, singkong goreng, tahu goreng, mendoan goreng.

Keterangan gambar : Ragam menu heritage rumah makan Kusuma Sari. / Foto: Lokabali

2. Rumah Makan Kusumasari.
Rumah makan Kusumasari berada di Jl.. Slamet Riyadi, No.111, Kemlayan, Solo. Kusumasari merupakan rumah makan dan jasa catering yang di dirikan oleh Sugiyarti Waluyakusuma atau yang familier di sapa Bu Menggung.

Di dirikan sejak tahun 1970, Kusumasari memiliki menu citarasa khas perpaduan Jawa- Belanda, yang terinspirasi dari suguhan pesta raja tempo dulu, saat penyambutan tamu orang orang Belanda di Keraton Solo.

Salah satu menu kuliner andalanya adalah selat, yang saat ini menjadi menu favorit brand rumah makan dan catering Kusumasari.

3. Resto Wang Li Heng
Wang Li Heng merupakan resto yang berlokasi di Jl. Bungur V No.5, Punggawan, Banjarsari, Solo.

Resto Wang Li Heng menjual mie dan dimsum dengan berbagai varian baik kuah maupun kering. Setiap hari kunjungan para pelanggan membludak, sehingga untuk order alangkah baiknya lebih dulu melakukan reservasi.

Saat ini menu mi dan dimsum merupakan menu favorit di Wang Li Heng.

4. Sate Kere Yu Rebi.
Bagi para pecinta kuliner Nusantara, siapa yang tak kenal dengan Yu Rebi. Penjual sate kere legendaris di daerah Sriwedari Solo yang warung makanya kerap di kunjungi para pejabat dan artis.

Tak terkecuali Presiden RI Joko Widodo juga menjadi salah satu pelanggan warung sate kere Yu Rebi.
Varian menu sate kere selain daging juga ada sate campur, sate usus dan iso, sate paru, sate ati, sate ginjal, sate torpedo, sate kikil, sate tempe dele dan tempe gembus.

Harga yang di patok dari mulai kisaran 20rb sampai dengan 40rb, tergantung jumlah pesanan yang di inginkan.

Keistimewaan sate kere yu rebi tidak hanya pada cara mengolah daging sapi sebelum di bakar lebih dulu di masak bacem, akan tetapi sambel sate yang memiliki ciri khas rasa asli Solo, membuat sate kere melegenda di seluruh Nusantara.

5. Nasi Liwet Bu Wongso Lemu.
Warung makan Nasi Liwet Bu Wongso Lemu berlokasi di Jl.Teuku Umar, Keprabon, Solo, berdiri sejak tahun 1950an.

Warung makan Nasi Liwet Bu Wongso Lemu kerap menjadi jujugan para artis, pejabat dan para pengusaha. Perpaduan rasa gurih nasi liwet dan kuah sayur sambal goreng, di tambah toping suwiran ayam dan kumut, membuat cita rasa yang di hasilkan sangat khas asli Solo.

Kenikmatan rasa asli inilah kerap membuat para pelanggan jatuh cinta dengan nasi liwat Bu Wongso Lemu, Keprabon.

(Djk)

Follow Lokabali.com di Google News



Komentar

Berita Lain