oleh

Wahana Baru Bermain, Belajar dan Konservasi Lumba-lumba di Bali

-Spot-79 views


LOKABALI.COM – Wahana edukasi marine yang berdiri di kawasan Pelabuhan Benoa, Denpasar, bakal melengkapi khasanah pendidikan kelautan yang langsung berinteraksi dengan lumba-lumba.

Selain sebagai wahana edukasi, Bali Exotic Marine Park tidak menampilkan demonstarasi atraksi pertunjukan mamalia air. Namun, pendidikan yang ditawarkan berupa pengalaman yang mengarah pada praktek interaksi langsung.

Dirut PT Taman Benoa Bali Exotic Marine Park Ida Bagus Putu Agastya mengatakan, berdirinya wahana konservasi itu berangkat dari dasar perspektif ekologi, edukasi dan ekonomi.

“Kami memiliki kriteria yang tepat dan terukur, demi kesejahteraan hewan, serta terselenggaranya fungsi lembaga konservasi dalam pemulihan populasi dan kelestarian satwa laut khususnya lumba-lumba,” jelas Ida Bagus Putu Agastya, Kamis, 19 September 2019.

Pihaknya juga mendesain dan mengemas pesan konservasi satwa laut, khususnya lumba-lumba.

“Pengorganisasian yang baik harus kami penuhi dengan disiplin tinggi demi terjaganya nafas kehidupan lembaga ini,” tambahnya.

Infrastruktur pendukung di kawasan konservasi itu yakni kolam yang cukup luas dan menjadi kolam interaksi terbesar di Indonesia. Ukurannya mencapai 748 m2 dengan kedalaman 3 meter.

Selain itu, fasilitas pemeliharaan lumba-lumba ditempatkan pada dua kolam dengan daya tampung 4-5 ekor. Termasuk, satu unit kolam karantina, ruang pelatih dan laboratorium sebagai penunjang kesehatan hewan.

Untuk pembangunan tahap kedua direncanakan menyusul berupa pembangunan sarana interaksi dengan satwa akuatik yang lain dibawah air. (Jeane)

Komentar

Berita Lain