oleh

Sepeda Kayu Unik Dari Kartasura

-Seni-165 views

LOKABALI.COM-Teguh Rahayu, pria asal Pucangan, Kartasura ini berhasil menciptakan ide kreatifnya membuat sepeda kayu dari bahan kayu bekas. Gagasan membuat sepeda kayu muncul saat ia melihat tayangan di televisi.

‘ Bahan baku yang di pakai adalah limbah kayu mahoni dan kayu jati ‘ Kata Teguh saat di tanya soal bahan baku kayu limbah yang ia pergunakan.

Proses pengerjaan sepeda kayu kata Teguh, memang sedikit lebih rumit di bandingkan membuat sepeda dari bahan baku besi. Butuh kesabaran pada proses tertentu, seperti membuat pelek dan memasang ruji.

‘ Lebih dari seminggu proses pembuatan pelek dan pemasangan ruji baru selesai. Di tambah proses yang lain sampai dengan pengerjaan selesai, di butuhkan waktu lebih dari sebulan ‘ Jelas pria yang sudah membuat tiga buah sepeda kayu.

Satu sepeda kayu dibutuhkan biaya pembuatan sekitar satu juta tiga ratus ribu rupiah.

Sepeda kayu hasil kreasi Teguh Rahayu beberapa diantaranya sudah di tawar 4juta rupiah, tetapi ia belum niat melepasnya.

Secara umum harga tersebut memang sudah lebih dari modal yang ia keluarkan, tetapi di bandingkan dengan nilai karya kreatifitas bagi dia masih belum sebanding.

Teguh berniat akan terus membuat sepeda kayu dari berbagai jenis, seperti sepeda mini, jengki, kebo dan jenis lainya./jk

Komentar

Berita Lain