oleh

Pemuteran Bay Festival 2020, Sebuah Dedikasi Anak Negeri

LOBALI.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong pertunjukan yang melibatkan banyak orang diselenggarakan secara virtual.

Selama tiga hari berturut-turut, 23-25 Oktober 2020, festival tahunan ‘Pemuteran Bay Festival’ juga diselenggarakan secara virtual melalui kanal youtube dan facebook. Di tengah pandemi, format digital berperan besar dalam menggantikan pertunjukan langsung. Termasuk, sebagai upaya dalam mengkampanyekan protokol kesehatan dan pencegahan covid-19.

Insiator dan founder Pemuteran Bay Festival Agung Bagus Mantra mengatakan, tahun ini, Desa Pemuteran didapuk sebagai Global Top 100 Sustainable Destination Awards 2020.

“Hal ini dilakukan dalam menyuguhkan atraksi yang menarik minat wisatawan domestik, maupun mancanegara untuk datang berkunjung,” kata Agung Bagus Mantra, Senin, 26 Oktober 2020.

Tahun 2020 ini, adalah kali kelima Pemuteran Bay Festival berlangsung. Selama lima tahun berturut-turut, festival ini banyak memberikan kontribusi promosi pariwisata dari sejumlah objek wisata yang dimiliki Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

Terlebih lagi, kata Agung, Desa Wisata itu tahun ini meraih Global Top 100 Sustainable Destination Awards 2020. Desa Pemuteran sebelumnya juga meraih tiga penghargaan terbaik kategori Best of Nature Green Destination Awards.

“Meski terhalang Covid 19, Pemuteran Bay Festival tetap terselenggara dengan segala keterbatasan dan penyesuaiaan terhadap protokol kesehatan dan suguhan yang disajikan secara virtual,” jelas Agung.

Festival mengambil lokasi di Tanjung Budaya Dalem Desa Pemuteran Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali Utara.

Meski ditampilkan secara virtual, festival itu berhasil mengeksplorasi potensi alam secara detail. Kegiatan yang ditampilkan antara lain, Environmental Reef Gardening, Beach and Bay Clean Up, Yoga, Nature and Creative Talk, Fishing Competition maupun Live Cooking.

Pemuteran Bay Festival juga dimeriahkan dengan live musik dari beberapa band kenamaan tanah air, seperti: Jack & Konot, Emoni, Ayu Laksmi, Kalimasada, The Small Axe, Kroncong Jancuk, Jun Bintang, Gerokgak Music Community dan Robi Navicula.

“Semua ditampilkan secara virtual melalui kanal facebook page Pemuteran Bay Festival dan juga kanal Youtube Pregina Art & Showbiz Bali. Ini sebagai kampanye protokol kesehatan di masa pandemi,” jelasnya. (Way)

Komentar

Berita Lain