oleh

Makam Kristen Mumbul Akan Ditata Seperti San Diego Hill

-Budaya-137 views


LOKABALI.COM – Yayasan Makam Kristen Purna Bakti Musyawarah Pelayanan Umat Kristen (MPUK) Provinsi Bali, memberikan peningkatan fasilitas pelayanan.

Ketua MPUK Provinsi Bali Pdt Jonathan Soeharto, M.Th menjelaskan, yayasan yang mengelola makam Kristen Mumbul Nusa Dua itu, memiliki fasilitas baru berupa ambulans dan dua ruangan sebagai rumah duka.



“Kali ini kita lengkapi dengan rumah duka dan mobil ambulans, ini semata-mata untuk memberikan pelayanan kepada umat Kristen maupun umat lain yang membutuhkan,” kata Jonathan, Jumat, 26 Februari 2021.

Selain itu, pengelola juga telah memiliki sejumlah rencana penataan Makam Mumbul. Sejumlah fasilitas yang telah ada diantaranya krematorium.

Jonathan mengatakan, Makam Kristen Mumbul akan ditata secara moderen seperti di luar negeri. Bahkan disebutkan, makam disitu akan dikelola seperti makam ‘San Diego Hill’ di Kerawang, Jawa Barat. Selain ditata lebih rapi, fasilitas di tempat peristirahatan terakhir itu juga akan dilengkapi secara moderen dan akan menghilangkan kesan angker.

Dikatakan, liang makam akan dibuat agar bisa dibongkar pasang. Sistem knockdown itu dibuat agar satu liang Lahat bisa diisi maksimal 4 jenazah atau bisa juga untuk satu keluarga yang meninggal dunia.

“Maksimal 20 tahun, baru kita akan gali kembali dan ditempatkan di tempat yang telah kita sediakan di areal makam Mumbul ini,” ujarnya.

Jonathan mengatakan, meski diproyeksikan jadi lebih moderen, pelayanan kepada umat tetap dikedepankan. Dikatakan, pengelola yayasan tidak menetapkan biaya tinggi. Pihaknya hanya mengajak umat maupun masyarakat yang membutuhkan pelayanan, ikut merawat fasilitas yang ada.

“Tentunya, kalau pun ada biaya untuk sewa ambulans atau pun rumah duka, itu berbeda dengan diluar. Itu akan kita tekan serendah mungkin sebagai bentuk pelayanan kepada umat dan warga yang membutuhkan,” kata Jonathan.

“Intinya masyarakat ikut membantu dan memelihara biaya operasional seperti ambulans ini, jadi bukan membayar sewa dengan tarif tertentu,” tambahnya.

Peresmian Bangunan Gazebo/Garase Parkir & Mobil Ambulans Jenazah Yayasan Makam Kristen Purna Bakti MPUK Provinsi Bali itu, diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt Made Budiarsa M.Si yang juga Ketua Yayasan Makam Kristen Purna Bakti MPUK Provinsi Bali. Hadir dalam peresmian itu bishop I Nyoman Agustinus M.Th. (Ros)



Komentar

Berita Lain