oleh

Kontroversi Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’ Menuai Prestasi di Ajang FFI

-Seni-294 views

LOKABALI.COM – Meski sempat jadi kontroversi, film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’, justru masuk dalam film dengan jumlah nominasi terbanyak dan nominasi sebagai film cerita panjang terbaik, dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2019 di Jakarta, Minggu (8/12/2019).

Bersama film garapan Garin Nugroho itu, ada 2 film lainnya yang masuk tiga besar nominasi terbanyak dan nominasi film cerita panjang terbaik yakni, ‘Dua Garis Biru’ dan ‘Bumi Manusia’. Ketiga film itu masing-masing mendapatkan 12 nominasi.

Sedangkan ‘Bumi Manusia’ yang diangkat dari Novel karya Pramoedya Ananta Toer, dirilis bersamaan dengan event Bali International Film Festival Balinale pada September 2019 lalu.

Penganugerahan Piala Citra Festival Film Indonesia tahun ini memilih 21 kategori dari 123 judul film.

Dari hasil seleksi terpilih 18 film cerita panjang, 8 film dokumenter panjang dan pendek, 6 film animasi pendek, 6 film cerita pendek serta satu penghargaan lifetime achievement.

Gelaran Festival Film Indonesia (FFI) mendapat sambutan dari Mendikbud Nadiem Anwar Makarim. Menurutnya, perfilman Indonesia mengeksplorasi keberagaman sesuai perkembangan zaman.

“Penyelenggaraan FFI sebagai otoritas kualitas film Indonesia terus berusaha memberikan yang terbaik,” jelas Nadiem pada malam Anugerah Piala Citra FFI ke-39, Minggu (08/12/2019).

Sejak pertama kali diselenggarakan pada 1955, FFI menjadi barometer perkembangan kualitas perfilman Indonesia. Melalui berbagai penghargaan yang diberikan, publik dan kalangan perfilman mengetahui pencapaian terbaik yang dihasilkan pekerja film tanah air selama setahun. (*/Way)

Komentar

Berita Lain