oleh

Festival Bunga Tomohon, Persembahan Cinta Kasih untuk Dunia

-Jelajah, Spot-469 views

LOKABALI.COM – Tomohon, Kota Bunga di Sulawesi Utara, akan kembali menggelar festival bunga skala internasional pada Agustus 2019 mendatang. Festival yang disebut Tomohon International Flower Festival (TIFF) tahun ini sudah kesembilan kalinya diadakan.

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman berpromosi, apapun jenis bunga yang ditanam di kota berhawa sejuk itu, akan tumbuh bagus.

“Tanpa perlu teknologi, apapun tanaman bunga yang kita tanam di Tomohon hasilnya lebih bagus dan subur,” jelas Jimmy ketika menggelar konferensi pers di ajang BBTF Ke-6 di BNDCC, Nusa Dua pada Jumat (28/6/2019) lalu.

Jimmy menambahkan, Tomohon memiliki suhu rata-rata 18° Celcius dengan panorama Gunung Lokon yang masih aktif. Kekayaan alam itu dimanfaatkan warga dengan membudidayakan tanaman bunga, yang akhirnya menjadi cikal bakal TIFF sampai saat ini.

Dalam setiap perhelatan event, TIFF selalu menyedot peserta dari berbagai belahan dunia. Bahkan, kata Jimmy, beberapa negara seperti Nepal, Kazakhstan, Bhutan maupun Jepang terlibat aktif dalam sarasehan di Kota Tomohon terkait bagaimana menanam bunga tanpa teknologi dan berhasil dengan baik

“Peserta dari mancanegara seperti Amerika atau Perancis, dan masuk 100 kalender event Kemenpar. Kalau di Amerika ada Festival Pasadena di Indonesia punya Tomohon International Flower Festival,” ujar Jimmy.

TIFF disebut-sebut sebagai persembahan kasih cinta terbesar dari warga Tomohon. Salah satu dampak riil dari event itu adalah, peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara di Kota Tomohon sebanyak 89.746 di tahun 2017.

Tahun 2018 meningkat menjadi 90.907 atau naik 1,3 persen. Sementara, kunjungan wisatawan domestik di tahun 2017 tercatat 455.679, tahun 2018 sebanyak 461.094.

Tahun 2019 ini ditargetkan, kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 92.260 dan wisatawan domestik 499.120 orang.

“Di akhir acara, masyarakat Kota Tomohon mengundang para tamu sebagai bentuk Thanksgiving dengan jamuan makan dari pagi sampai pagi,” jelas Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman.(Jeane)

Komentar

Berita Lain