oleh

Asmara Wedha, Lagu Jawa Bergenre Kidung Pitutur

-Seni-2.634 views

LOKABALI.COM-Setelah sukses merilis lagu berjudul ” Kidung Wahyu Kalaseba’ penyair Sri Narendra dan Musisi Andi Zate kembali merilis tembang baru berjudul ” Asmara Wedha”.

Kedua tokoh seniman musik Indonesia yang tergabung dalam Gerbang Nusantara Production ini sengaja mengangkat lagu bergenre kidung Nusantara, sebagai cara menggugah masyarakat untuk kembali kepada esensi kaweruh jawa yang sarat nilai nilai luhur.

Pada tembang Kidung Wahyu Kalaseba, Sri Narendra menjadi pelantunya, sedangkan pada lagu ‘ Asmara Wedha” Andi Zate di daulat sebagai pelantunya.

Di katakan Andi, Asmara Wedha mengkisahkan cinta sejati itu bagai keindahan sorga dunia. Di dalam hati tiada lain selain orang yang di cintai. Akan tetapi bagi Andi, esensi nilai makna dalam lagu ini lebih luas jika kita babarkan sebagai tuntunan kaweruh masyarakat Jawa.

Bahwa garis cinta manusia itu sebenarnya sudah ada di dalam kitab asmara ( asmara wedha ). Sebagai manusia kita harus menghormati kesucian cinta, mampu mengendalikan nafsu yang ada di dalam dirinya. Sehingga cinta suci tidak ternodai.

Lagu bergenre kidung ini di akui Andi memang tidak mudah di lantunkan, karena butuh keselarasan dan ketenangan jiwa pada saat di tembangkan. Begitupun aransemen musik pengiringnya juga harus sejalan dengan esensi kidung ‘ Asmara Wedha”.

Andi berharap lagu Asmara Wedha mampu menjadi trend musik tanah air sebagai salah satu kidung pitutur sastra Nusantara, tutupnya /Jk

Komentar

Berita Lain