oleh

YFIMB Dorong Pemerintah Membuat Unit Pelestarian Budaya Keraton Nusantara

-Berita-120 views

LOKABALI.COM-Melalui surat bernomor 005/YFIMB-ST/V/2021, Ketua Dewan Pembina Yayasan Forum Indonesia Maju dan Berbudaya, Prof. Dr. KH.Said Aqil Siraj, M. A menugaskan Ketua Yayasan Indonesia Maju dan Berbudaya, KP. Dr. H. Andi Budi Sulistijanto, S.H, M.ikom bersama anggotanya untuk melakukan survey dan observasi lahan atau situs untuk penelitian budaya.

‘ Survey dan observasi dilakukan di beberapa kota diantaranya, Surabaya, Solo, Jogjakarta, Magelang, Bandung, Sukoharjo, Mojokerto, Klaten, Magetan, Bandung dan beberpa kota lainya ‘ Jelas Ketua YFIMB, KP. Dr. H. Andi Budi Sulistijanto, S.H, M.Ikom.

ITB-STIKOM-Bali

Ketua YFIMB yang akrab di sapa Gus Andi ini menambahkan, penelitian dilakukan sebagai upaya untuk menyelamatkan situs situs sejarah yang belum tersentuh oleh dinas terkait. Sebab ribuan situs sejarah saat ini banyak yang mangkrak dan rusak.

Selain upaya penyelamatan, YFIMB juga melakukan pendataan dan penggalian jejak sejarah masa silam terkait dengan kebudayaan ataupun sejarahnya.

Hasil dari penelitian selanjutnya akan di jadikan referensi policy melalui Kementerian terkait, sebagai salah satu data untuk melakukan pelestarian dan pengembangan potensi wisata di daerah.

Yayasan Forum Indonesia Maju dan Berbudaya juga mendorong Pemerintah membuat Unit Kerja Budaya Keraton Nusantara, terkait penyelamatan adat budaya keraton keraton di Nusantara beserta situs bangunan yang ada di dalamnya.

Pembentukan unit kerja budaya keraton Nusantara Gus Andi sebut sangat diperlukan. Mengingat bangsa ini memiliki sejarah panjang terkait keraton keraton di Nusantara yang keberadaanya menjadi karakter jati diri bangsa Indonesia.

Ketiadaan unit kerja khusus yang membidangi budaya keraton di Nusantara, membuat bangsa ini semakin jauh dari budaya yang dimilikinya, sehingga dampak yang di timbulkan tidak hanya membuat generasi muda kehilangan ruh budayanya, tetapi juga jauh dari ahklak dan budi pekerti aslinya yang luhur dan berbudaya.

Keraton keraton Nusantara saat ini kondisinya memang memprihatinkan sekali, baik dari sisi tradisi, adat dan budaya. Tak terkecuali sisa peninggalan bangunan cagar budaya yang dimilikinya. Oleh sebab itu unit kerja budaya keraton Nusantara tidak hanya bertugas mengembalikan kebudayaan keraton keraton Nusantara yang hilang, tetapi juga membangun dan menjaga kelestarianya, tukas ketua YFIMB/(*).



Komentar

Berita Lain