oleh

Unik, Begini Cara Warga Desa Pelemgadung Memilih Presiden Karang Taruna

LOKABALI.COM- Dalam rangka memberikan edukasi kepada para anggotanya dan warga masyarakat, Karang Taruna Mekar Sejati Dukuh Gumantar, Desa Pelemgadung, Kecamatan Karangmalang Sragen, menggelar pemilihan langsung Presiden Karang Taruna. Jumat malam, (13/5/22)

Pemilihan di selenggarakan di perempatan Pos Kamling Dukuh Gumantar, yang akan di hadiri oleh Kepala Desa Pelemgadung, Kepala Dusun, Tokoh masyarakat, Pembina dan seluruh anggota Karang Taruna Mekar Sejati.

Keterangan gambar : Para calon Presiden Karang Taruna Mekar Sejati/ Foto: Istimewa

Selaku Pembina Karang Taruna Mekar Sejati, Suparno menyampaikan alasan di gelarnya pemilihan langsung ketua karang taruna di karenakan, akhir-akhir ini generasi muda kurang greget dalam menjalankan roda organisasi kepemudaan.

Oleh sebab itu, untuk menambah semangat dalam berorganisasi, maka organisasi harus memiliki value sehingga siapa yang akan dipilih menjadi pengurus ataupun anggota, akan memiliki nilai tersendiri bagi para anggotanya.

‘ Jabatan ketua akan diganti Presiden, dengan harapan kelak dari anggotanya akan muncul calon calon Presiden. Paling tidak memiliki jiwa pemimpin seperti Presiden yang visioner dan berwawasan yang luas ‘ Jelas Suparno

Pemilihan yang di lakukan secara langsung telah melewati beberapa tahapan seperti, penjaringan calon Presiden melalui pemungutan suara dari seluruh anggota Karang Taruna dan syarat di calonkan harus di dukung minimal 10% anggota.

Kemudian diranking menjadi empat besar, untuk ditetapkan sebagai calon Presiden Karang Taruna.

Tak terkecuali penyusunan Program Kerja yang hasilnya akan dimandatkan kepada Presiden terpilih sebagai pedoman di dalam menjalankan roda organisasi.

Terdapat tujuh departemen yang akan membidangi program kerja yang telah rampung disusun.

Rencananya program kerja tersebut akan diserahkan kepala Desa kepada Presiden Karang Taruna terpilih untuk dijalankan selama masa bhakti tiga tahun

Adapun Program Kerja yang telah disusun untuk masing-masing Departemen diantaranya,

A.DEPARTEMEN KERJASAMA:

Dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan anggota Karang Taruna dan juga masyarakat sekitar, maka diprogramkan untuk mencari terobosan dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak antara lain :

1. Kerjasama dengan Dinas Instansi Pemerintah (Pemdes, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Sosial, Dinas Pariwisata, BAZNAS dan instansi lainya )
Melakukan kerjasama lintas organisasi kemasyarakatan, organisasi sosial, yayasan sosial maupun komunitas masyarakat seperti Bagana, Tagana, komunitas seni, dan lainya.
Mencari sponsorship untuk pelaksanaan event dan program kerja karang Tarunga Mekar Sejati.

B. DEPARTEMEN HUMAS & PUBLIKASI

Mendokumentasikan semua kegiatan karang taruna. Membantu Presiden Karang Taruna mendistribusikan undangan kegiatan kepada semua anggota karang taruna maupun pihak eksternal.

Pembuatan Majalah Dinding (mading) yang isinya mengenai kegiatan-kegiatan yang sudah didokumentasikan.
Pembuatan website resmi Karang taruna. Pembuatan konten2 positif untuk diupload di media sosial (medsos)
Pembuatan konten media sosial resmi Karang taruna Mekar Sejati seperti facebook, Instagram, Youtube, dan media sosial sejenis.

C. DEPARTEMEN SENI & RELIGI

Program Kerja Departemen Seni dan Religi antara lain :

Kegiatan Pengajian Rutin minimal setiap minggu sekali (Kajian dan sholawat). Kegiatan belajar baca dan tulis Al Qur’an. Pembentukan group seni Hadrah. Pembentukan group musik religi
Kegiatan lomba pada hari besar keagamaan seperti Maulud, Muharom dan lainya.

Kegiatan latihan menari. Kegiatan seni pada setiap event peringatan HUT kemerdekaan Republik Indonesia. Ikut berpartisipasi aktif dalam penyuluhan kepada orang tua yang memiliki anak usia sekolah untuk mengikuti  TPA agar memenuhi tuntutan pendidikan yang lebih maju dan agamis.

D. DEPARTEMEN KESEHATAN & LINGKUNGAN.

Sosialisasi gerakan Perilaku Hidup bersih dan sehat (PHBS). Kerja bakti kebersihan lingkungan. Mendukung dan mensukseskan program vaksinasi Pemerintah. Kegiatan Penghijauan pada lahan/pekarangan yang kosong ditanami sayur dan buah. Kegiatan pemberantasan sarang nyamuk Demam Berdarah

E. DEPARTEMEN OLAHRAGA

Mengadakan dan mengaktifkan kegiatan olahraga badminton. Membentuk tim Futsal Karang Taruna Mekar Sejati. Membentuk TIm Bola Volly. Pengadaan olah raga Tenis Meja

Mendorong adanya Kegiatan Senam Bersama di lingkungan wilayah RT 07. Mengadakan Kejuaraan olah raga bulu tangkis dan menyelenggarakan kejuaraan olah raga tenis meja.

F. DEPARTEMEN PENGEMBANGAN & INOVASI

Kegiatan Pelatihan kerja bekerjasama dengan instansi Pemerintah. Kegiatan sharing dan diskusi bisnis dengan mengundang Mentor/Motivator dari luar
Kegiatan Pelatihan marketing online. Kegiatan Pelatihan desain grafis. Kegiatan pelatihan peternakan, pertanian, perdagangan dengan mengundang mentor yang sudah berpengalaman.

Mendorong terciptanya home industri dilingkungan Dukuh Gumantar.
Mengikutsertakan anggota karang taruna pada program pelatihan yang diadakan oleh Pemerintah secara gratis.

G. DEPARTEMEN SOSIAL KEMASYARAKATAN

Pembinaan peningkatan rasa toleransi dan empati dengan menghadirkan pembicara dari Pembina, tokoh masyarakat maupun pakar dari luar.
Pelatihan tata krama dalam sinoman (tutur kata, cara jalan, cara menyajikan, pakaian, dll)

Kegiatan membantu masyarakat punya Hajad. Kegiatan membantu masyarakat yang mendapat kesusahan (bencana alam, duka cita). Menggalang bantuan untuk warga dhuafa atau kurang mampu. Mengadakan kegiatan santunan anak yatim dan kurang mampu.

H. DEPARTEMEN EKONOMI KREATIF

Mengaktifkan kembali kegiatan Bank Sampah, hasilnya untuk pendanaan kegiatan organisasi. Membuat kedai atau stand pada event-event tertentu seperti pengajian akbar, Car Free day, dan event lain.

Mengadakan mobil toko bekerjasama dengan Pihak ketiga.

Memanfaatkan daerah pinggir sungai untuk dirubah menjadi wahana wisata mancing. Memanfaatkan sungai untuk dijadikan wahana wisata Tubing, urai Pembina Karang taruna /Jk



Komentar

Berita Lain