oleh

SheHacks Indosat Ooredoo 2021 Cakup 3 Isu Utama Perempuan, Ekonomi Pendidikan dan Kesehatan

-Techno-77 views

LOKABALI.COM – Program inovasi untuk perempuan Indonesia diluncurkan oleh Indosat Ooredoo. Program yang diberi label SheHacks 2021 ini untuk menjawab tantangan ketidakseataraan gender, yang juga strategi berkelanjutan (CSR) Indosat Ooredoo di bawah pilar Pemberdayaan Perempuan.

President Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama menjelaskan, ketidaksetaraan gender menjadi isu arus utama dalam setiap lini kehidupan. Indosat Ooredoo sendiri, kata Ahmad, konsen dengan pemberdayaan perempuan melalui pemanfaatan teknologi digital untuk peningkatan kapasitas ekonomi.

ITB-STIKOM-Bali

“Inilah sebabnya, kami memulai SheHacks pada tahun 2020 dan memperluas program tahun ini yaitu, dengan memberikan bimbingan dan pelatihan kepada perempuan Indonesia untuk mengembangkan solusi digital dalam mengatasi beberapa permasalahan nyata yang mereka hadapi,” kata Ahmad Al-Neama dalam keterangannya (9/6/2021).

Perluasan program SheHacks 2021 akan fokus mengatasi ketidaksetaraan di tiga bidang utama yakni, ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Secara khusus, program ini bertujuan untuk meningkatkan kontribusi ekonomi perempuan dengan menumbuhkan kewirausahaan. Meningkatkan akses perempuan ke pendidikan, dan meningkatkan akses perempuan ke layanan kesehatan.

Ahmad menambahkan, pihaknya mentargetkan jumlah peserta lebih dari seribu perempuan Indonesia. Kegiatan itu juga melibatkan berbagai komunitas pemberdayaan perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Program berkelanjutan ini, kata Ahmad, membantu alumni program SheHacks dapat inovasi mereka menjadi solusi nyata.

“Kami bekerja sama dengan Pemerintah dan organisasi global seperti UNDP, UN Women, dan GSMA Connected Women. Kami berharap SheHacks menjadi titik awal untuk mengurangi kesenjangan gender dan terus menciptakan dampak yang lebih besar untuk mencapai kesetaraan gender di Indonesia,” kata Ahmad.

Untuk mengikuti SheHacks 2021, peserta dapat mendaftar dengan mengirimkan proposal program mereka mulai 9 Juni hingga 9 Juli 2021. Semua perempuan Indonesia di bawah 40 tahun diperbolehkan mengikuti kompetisi dalam tim yang terdiri dari maksimal 3 anggota.

Finalis terpilih akan diberikan keistimewaan untuk mendapatkan pendampingan yang lebih mendalam. Pemenang akan diumumkan pada Agustus 2021. Pendaftaran bisa diakses melalui SheHacks 2021.

“Terakhir, para pemenang akan mengikuti buddy program selama 4 bulan. Mereka akan terhubung dengan pemangku kepentingan yang tepat untuk mengaktualisasikan solusi mereka,” jelas Ahmad.

Peluncuran SheHacks 2021 dihadiri oleh para tokoh perempuan Indonesia antara lain, Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini, Staf Ahli Milenial Presiden Republik Indonesia Angkie Yudistia, Duta Besar Negara Qatar untuk Republik Indonesia H.E. Fawziya E. Al-Sulaiti dan Kepala Program UN Women Indonesia Dwi Faiz. (Ros)



Komentar

Berita Lain