oleh

Piala Walikota Solo 2021 Pertemukan ‘Klub-Klub Sultan’ Tanah Air

-Olahraga-129 views

LOKABALI.COM – Piala Wali Kota Solo 2021 akan mempertemukan ‘klub-klub Sultan’ yang ada di Indonesia. Pertandingan yang akan digelar di Stadion Manahan Solo pada 20-26 Juni 2021 itu, menjadi turnamen pra musim menjelang perhelatan Liga 1 di bulan Juli.

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, saat ini sejumlah klub dikomandoi oleh anak-anak muda. Seperti Kaesang Pangarep menjadi pemegang tim asal kota Begawan, Persis Solo. Raffi Ahmad pemilik RANS Cilegon FC hingga youtuber Atta Halilintar juga ikut membesut klub sepak bola PSG Pati.

ITB-STIKOM-Bali

“Saya seneng sekali saat ini dunia sepakbola dipegang oleh anak-anak muda, ini memberikan aura yang positif. Semoga kedepannya lebih profesional lagi. Karena kemarin Solo juga sudah berhasil jadi tuan rumah piala Menpora,” kata Gibran saat virtual Press conference Piala Walikota Solo 2021, Jumat, 11 Juni 2021.

Gibran menambahkan, animo pecinta sepak bola di Indonesia sangat tinggi. Sehingga perlu adanya turnamen di luar Liga yang kini sudah mulai bergulir.

“Ditambah, sejumlah klub-klub di Indonesia mulai memborong pemain baru seperti Persis Solo dan klub lainnya. Maka disini akan diadakan lagi dengan SOP yang sama dan prokes yang sama dan sekali lagi kita ingin meramaikan persepakbolaan di Indonesia,” kata Gibran.

8 tim yang akan berlaga terdiri klub-klub sepak bola yang ada di Indonesia. Tim dari Liga 1 yang akan bertanding yakni, Persib Bandung, Arema FC, Bhayangkara dan Bali United (BU). Sedangkan dari Liga 2 yakni,
Persis Solo, RANS Cilegon FC, Dewa United FC dan PSG Pati.

Ketua Organizing Committee Piala Wali Kota Solo Cahyadi Wanda menambahkan, dalam laga ini, pertandingan berlangsung dengan sistem gugur.

Pertandingan akan dibuka pada 20 Juni 2021 dengan mempertemukan Persis Solo menjamu PSG Pati. Di hari yang sama, disusul laga PERSIB Bandung dan Arema FC.

Pada 21 Juni 2021 pukul 15.00 WIB, klub besutan Raffi Ahmad RANS Cilegon FC bertemu dengan Dewa United. Disusul dengan klub dari Liga 1 Bhayangkara FC versus Serdadu Tridatu Bali United (BU).

“Jadi secara format langsung menerapkan sistem Knockout,” kata Cahyadi Wanda.

Pertandingan selama sepekan itu memperebutkan hadiah masing-masing, juara 1 Rp 500 juta, juara 2 Rp 300 juta, juara 3 Rp 200 juta dan juara 4 Rp 100 juta.

“Diluar itu berlaku untuk pemenang di babak 8 besar mendapatkan hadiah Rp 75 juta dan yang kalah Rp 40 juta,” kata Cahyadi. (Ros)



Komentar

Berita Lain