oleh

Peresmian Galeri Zen1 Sanur, Perupa Made Bayak Didapuk Tampilkan Pameran Tunggal

-Seni-286 views

LOKABALI.COM – Setelah sebelumnya membuka Galeri pertama yang berlokasi di daerah Kuta, kali ini Galeri Zen1 kembali membuka Galeri kedua yang terletak di daerah Kesiman Denpasar, atau tepatnya di Second Floor Coffee.

Galeri Zen1 Kesiman diresmikan bertepatan dengan pembukaan pameran tunggal bertajuk ‘Bhuta Kala Plastik Poleng’ karya seniman Made Bayak, Sabtu, 15 Mei 2021. Pameran menampilkan 26 karya perupa asal Tampaksiring, Gianyar tersebut.

ITB-STIKOM-Bali

Direktur Galeri Zen1 Nicolaus Fransiskus Kuswanto mengatakan, pemilihan tempat di Second Floor Coffee mempertimbangkan brand coffeeshop yang mampu bersanding dengan Galeri Zen1. Namun menurut Nico, gedungnya sangat spesial.

“Lantai 1 dan 2 merupakan coffeeshop premium dan lantai 3 merupakan Galeri Zen1 sendiri,” kata Nico dalam peresmian itu, Sabtu, 15 Mei 2021.

Plastikologi memiliki makna merubah sampah plastik menjadi karya seni dalam bentuk lukisan.

“Dengan adanya hal ini tentu ini merupakan sesuatu hal yang baru yang harus kita apresiasi,” kata Nico.

Sedangkan tema Bhuta Kala, kata Perupa Made Bayak, punya makna dua sisi yakni, penghuni alam niskala dan manusia sebagai penghuni alam skala harus bersinergi dan tidak saling mengganggu. Sinergi itu, kata Bayak, diwujudkan dalam bentuk upakara di Bali khususnya tawur atau caru.

“Sama halnya saya memposisikan diri saya dengan plastik ini. Jadi plastik itu sangat berguna sekali tetapi di satu sisi dia juga ketika di buang sembarangan bisa mencemari lingkungan,” kata Bayak.

Setiap lukisan Made Bayak mengandung material limbah sesuai tema yang diusung. Dari medianya sendiri termuat berbagai macam jenis plastik sintetis berupa bungkus makanan, barcode, dan jenis lainnya.

Limbah yang ia gunakan, kata Bayak, didapatkan dari temuan sehari-hari. Plastik-plastik seperti bungkus makanan disimpan dan diolah sebagai bahan media yang digunakan dalam karya.

“Saya berusaha untuk meminimalisir penggunaan plastik namun tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak hal yang menggunakan plastik untuk bungkusannya,” ujarnya.

Pameran berlangsung selama 3 minggu, mulai 15 Mei hingga 13 Juni 2021. Adi Suhendra pemilik Second Floor Coffee mengatakan, Second Floor Coffee terpilih sebagai rumah kedua dari Galeri Zen1. Menurutnya, hal itu menarik, mengingat dunia coffee sangat erat berkaitan dengan dunia seni.

“Ketika ada tamu datang untuk bersantai-santai sambil meminum secangkir coffee, mereka juga bisa langsung menikmati karya lukisan yang sudah dipajang di setiap dinding,” kata Adi. (Ros)



Komentar

Berita Lain