oleh

Drupadi Menggugat Angkat Isu Perempuan di Pentas Panggung Monolog

-Seni-464 views

LOKABALI.COM – Teater monolog karya Sutradara Putu Fajar Arcana bakal menyajikan perpaduan kesenian teater dengan teknologi multimedia. Lakon ini akan dipentaskan di Gedung Kesenian Jakarta Sabtu, 3 Juni 2023 mendatang.

Putu Fajar Arcana menjelaskan, ia ingin menyajikan bentuk teater yang berbeda namun mempresentasikan keakraban kepada penontonnya.

“Secara visual, para penonton akan diajak berpetualang menikmati keindahan lanskap yang disajikan teknologi multimedia,” kata Fajar, Sabtu, 20 Mei 2023.

Teater monolog itu bercerita tentang sosok Drupadi yang menggugat kesewenangan kekuasaan di lingkungan masyarakat patrilinial.
Tokoh Drupadi sendiri ada dalam epos Mahabarata.

Pemain sentral dalam pertunjukan itu adalah Ayu Laksmi. Ia mendapatkan kebebasan mengimprovisasi nada dari lirik yang diberikan oleh penulis naskah.

“Sungguh beruntung mendapatkan lirik kaya akan makna. Jadi saya harus menangkap nuansa pentas, lalu mencari warna yang tepat agar menghasilkan lagu yang pas dengan bentuk pertunjukan,” ujar Ayu Laksmi.

Dalam teater monolog itu, diceritakan perlawanan Drupadi terhadap keputusan-keputusan yang didominasi oleh kaum laki-laki. Ia tidak ingin pelecehan terhadap kaum perempuan berlangsung terus sampai masa kini.

Joan Arcana sebagai produser mengatakan, dalam konteks kekinian, hukuman terhadap kasus-kasus pelecehan perempuan tak pernah membuat jera.

“Ini memunculkan rasa keprihatinan tersendiri karena kekerasan maupun pelecehan terhadap perempuan terus terjadi dimana-mana,” kata Joan.

Monolog Drupadi diperkuat dengan eksplorasi tari yang digarap koreografer Jasmine Okubo. Musik digarap oleh Kadapat yang digawangi Yogi dan Barga. Keduanya menguasai skill musik tradisi dan mengeksplorasikannya melalui teknologi musik digital. (LBc50)

Follow Lokabali.com di Google News



Komentar

Berita Lain