oleh

Pengen Kuliah Sambil Magang di Jepang? ITB STIKOM Bali Buka Peluang untuk 100 Orang

LOKABALI.COM – Untuk mengakomodir kebutuhan pendidikan tinggi untuk tamatan SMA sederajat, ITB STIKOM Bali membuka peluang kuliah sambil magang kerja Jepang.

Program yang dikembangkan di kampus IT terbesar Bali Nusra itu yakni, magang di Jepang sambil kuliah di ITB STIKOM Bali.

“Mereka tidak perlu bayar biaya kuliah dan biaya pemberangkatan ke Jepang, tetapi setelah bekerja di Jepang barulah mereka mulai cicil,” kata Rektor ITB STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan, Minggu, 28 Januari 2024.

Dalam program tersebut, ITB STIKOM Bali bekerja sama dengan PT Sugih Jaya Sentosa, Kediri, Jawa Timur. Sebuah Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang sudah mengantongi Izin Penempatan Pekerja Migran Indonesia (SIP3MI).

Sebelumnya, 25 mahasiswa aktif diberangkatkan ke Jepang menggunakan visa kerja atau Tokutei Ginou selama 5 tahun.

“Peserta magang gajinya rata-rata Rp 15 juta per bulan, kalau visa kerja gaji awalnya sudah besar Rp 21,5 juta per bulan dan akan bertambah setelah 6 bulan,” kata Dadang Hermawan.

Calon DPR RI nomer urut 4 dari Partai Demokrat ini menambahkan, proses pendaftaran, seleksi dan pendidikan bahasa Jepang untuk program kuliah sambil kerja ini dipusatkan di ITB STIKOM Bali Kampus Abiansemal.

“Jadi syaratnya harus jadi mahasiswa ITB STIKOM Bali Kampus Abiansemal dulu. Sedangkan mahasiswa kampus Renon dan Jimbaran minimal sudah semester 4,” ujarnya.

Mereka yang lulus tes akan menjalani masa karantina selama 6 bulan dan seluruh biaya pemberangkatan beserta akomodasinya mendapatkan talangan dari pihak ITB STIKOM Bali.

Pemberangkatan berikutnya akan dilakukan di bulan November 2024 dengan target 100 mahasiswa aktif. Selama di Jepang mereka menjalani kuliah secara online dari Bali di hari Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional di Jepang.

“Silakan daftar, ini kesempatan bagus, jangan disia-siakan,” kata Dadang Hermawan.

Sementara, Kepala Bagian Administrasi dan Keuangan Kampus Abiansemal I Gede Yudhistira Kiswara menambahkan, pihaknya membuka pendaftaran program kuliah sambil kerja di Jepang mulai Senin (29/01/2024) bertempat di ITB STIKOM Bali Kampus Abiansemal, Jalan Janger No. 8A, Dauh Yeh Cane, Abiansemal.

“Untuk info lebih lanjut silahkan datang di kampus kami atau dapat mengubungi HP 085-338-711-500 dan 0895-8001-14929,” kata Gede Yudhistira. (jeane)

Follow Lokabali.com di Google News



Komentar

Berita Lain