oleh

Lantunkan Solawat Macapat Jawa, Wedhatama Pukau Jamaah Saat Acara Halal Bi Halal

-Budaya-1.288 views

LOKABALI.COM- Dalam rangka mempererat tali silaturahmi sesama warga kampung, penduduk desa Kwangen Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, menggelar acara pengajian akbar di iringi solawat macapat Wedhatama, Solo.

Halal bi halal bertempat di masjid kampung yang di hadiri lebih dari lima ratus orang lebih jamaah.

Baca juga : Sejarah ringgit, wayang dalam perjalanan dakwah walisongo

Dikatakan Pardi, warga Desa Kwangen, dipilihnya Solawat Macapat Wedhatama untuk mengiringi acara pengajian, pasalnya majelis tersebut membawakan solawat dan macapat dengan irama gending jawa, sehingga jamaah seakan diajak kembali ke masa silam.

Apalagi sebagian besar masyarakat disini masih memegang teguh adat tradisi jawa. Oleh karenanya lantunan solawat macapat tembang jawa diakuinya sangat di sukai oleh warga.

Sudrajat Kentas Pribadi, salah satu pemrakarsa Solawat Macapat Wedhatama menyampaikan, solawat macapat wedhatama mencoba mengikuti jejak para wali dalam menyebarkan siar di tengah masyarakat.

Oleh karena itu lantunan solawat dan macapat yang di bawakan lebih bernuansa ke dalam tradisi jawa. Selain tembang hasil karya pujangga dan para winasis, juga terdapat tembang karya raja raja Mataram Islam.

‘ Tak terkecuali tembang macapat ciptaan para wali ‘ Jelasnya.

Follow Lokabali.com di Google News



Komentar

Berita Lain