oleh

Jumenengan Dalem KGPAA Mangkunegara X : Forum Budaya Mataram Ucapkan Selamat

LOKABALI.COM- Ucapan selamat atas dikukuhkanya Gusti Pangeran Hario Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, S.H sebagai Kanjeng Gusti Adipati Arya Mangkunegara X datang tidak hanya dari Presiden RI, Joko Widodo, tetapi para pejabat dan tokoh masyarakat juga mengucapkan hal yang sama.

Salah satunya adalah Dr. BRM. Kusuma Putra, S.H,M.H selaku ketua Yayasan Forum Budaya Mataram

Keterangan gambar : Ketua Forum Budaya Mataram, Dr. BRM. Kusuma Putra, SH, MH. / Foto : Lokabali

Ketua FBM berharap, Adipati Pura Mangkunegaran yang baru hendaknya dapat mengemban amanah dari para leluhur leluhurnya dalam menjaga dan memelihara, nilai nilai luhur adat dan budaya di dalam Projo Mangkunegaran.

‘ Tak terkecuali menjaga warisan milik para leluhurnya ‘ Kata Kusuma dalam pesanya.

Sebab Keberlangsungan Pura Mangkunegaran di masa yang akan datang, tak lepas dari peran Adipati Mangkunegara X yang baru di lantik. Didalam mengelola warisan milik para leluhur leluhurnya.

Sinergitas pemangku adat Pura Mangkunegaran dengan Pemerintah dan para pemangku budaya di harapkan Kusuma, dapat terus terjalin dan di tingkatkan. Agar Projo Mangkunegaran semakin memiliki andil didalam menjaga adi luhung budaya bangsa.

Keberadaan keraton penerus Mataram Islam sebut Kusuma, saat ini sangat di butuhkan oleh bangsa Indonesia untuk menjaga karakter dan jati diri bangsa terhadap gerusan budaya asing.

Keraton bagi Kusuma merupakan benteng pertahanan keberlangsungan adat, budaya dan tradisi milik bangsa ini. Sehingga melalui peranya, keraton dapat semakin memperkokoh budaya adat dan tradisi di dalamnya.

Keraton harus membuka lebar, serta mensiarkan nilai nilai luhur adat, budaya dan tradisi yang dimilikinya.
Sehingga generasi muda dapat mengenal, sekaligus merasa bangga dengan budaya bangsa yang dimilikinya. / Jk



Komentar

Berita Lain