oleh

Resmi Dibuka, Galeri Zen1 Lengkapi Pusat Kesenian di Bali

-Seni-107 views

LOKABALI.COM – Gedung tiga lantai di kawasan Tuban, Badung, Bali ini, hampir semua terisi dengan karya lukisan. Galeri Zen1, nama gedung itu Sabtu, 7 Maret 2020 malam secara resmi dibuka oleh Kepada Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Wayan ‘Kun’ Adnyana.

Ratusan lukisan yang dipamerkan pada malam pembukaan merupakan karya dari 19 perupa di Indonesia. Kadisbud yang juga akademisi di kampus ISI Denpasar, juga ikut memamerkan karyanya yang dibuat tahun 2017. Karya Kun berjudul ‘New Passion’, yang menghubungkan generasi baru kepada sejarahnya sendiri.

“Sejarah tidak pernah mati, sehingga generasi baru ini harus bisa kembali membaca sejarah,” kata Kun Adnyana.

Galeri yang dibangun oleh Nicolaus F Kuswanto itu, secara reguler akan menggelar pameran maupun kegiatan seni lainnya. Hal itu seperti dipaparkan Arif B Prasetyo dalam tulisan mengenai etos Nico, sang pemilik galeri.

Eddy Soetriyono yang didapuk sebagai kurator dalam eksibisi tersebut, menghadirkan tulisan berjudul ‘Mempertaruhkan Kreativitas: Yang Tidak Kreatif Tidak Usah Ambil Bagian’.

“Penekanannya adalah ke dalam aspek penciptaan dan proses penciptaan karya itu sendiri,” kata Eddy Soetriyono.

Perupa yang memamerkan karya mereka antara lain, Atmi Kristiadewi, Bambang Adi Pramono, Dodit Artawan, Gede Jaya Putra, Hanh (Heart Lab), Ida Bagus Indra, Ida bagus Putu Purwa, Ketut Sugiantika, Kun Adnyana, Maureno Kustarjo, Michael Palilingan, Nyoman Sujana Kenyem, Putu Bonuz, Sutjipto Adi, Teja Astawa, Uuk Paramitha, V Dedy Reru, Wai, dan Waka. (Way/*)

Komentar

Berita Lain