oleh

Hasil Survei Pastikan Henry Melenggang Ke Senayan

-Politik-463 views

LOKABALI.COM- The Republic Institute merilis hasil survei para caleg DPR RI, khususnya mereka yang maju di Dapil V Jawa Tengah( (Sukoharjo, Klaten, Boyolali dan Kota Surakarta ). Survei dilakukan pada tenggat waktu 30 hari menjelang Pemilu 2024.

Dari hasil survei tersebut elektabilitas tertinggi diduduki oleh PDIP (38%), Golkar (14,4%), Gerinda (8,2%), Nasdem (8,1%), Demokrat (7,8%), PAN (6,3%), PKS (6%), PKB (5,5%).

The Republic Institute menempatkan delapan nama teratas Caleg Dapil V Jateng di urut nomer satu di tempati oleh Puan Maharani (15,7%). Disusul Henry Indraguna (6,5%), Eva Yuliana (6,4%), Aria Bima (6,4%), M. Toha (3,2%), Adik Sasongko (3,1%), Dwi Purwanto (3,0%) dan Abdul Kharis Alamsyahri (3,0%).

Survei di lakukan melalui tatap muka menggunakan kuesioner, oleh surveyor terlatih dan dilakukan spotcheck oleh supervisi senilai 20 persen, dengan tingkat kepercayaan berdasarkan perhitungan statiska senilai 90 persen.

Waktu sampel survei dilakukan pada tanggal 8 -17 Januari 2024 dengan jumlah responden sebanyak 800 sampel. Teknik analisa data mengambil sampel stratified random sampling dengan MoE sebesar 3,46 persen.

Pemilu 2024 menggunakan sistem proporsional terbuka. Dengan sistem pemilu terbuka, maka tidak ada keistimewaan untuk para caleg. Nomor urut 1 sama peluangnya dengan nomor urut terakhir, mereka memiliki peluang yang sama menjadi anggota DPR RI.

Berdasarkan survei di atas, tingkat elektabilitas Henry Indraguna (Caleg Partai Golkar) menempati nomor urut 2 di bawah Puan Maharani. Dipastikan Henry akan melenggang menduduki kursi di Senayan

Dalam survei ini The Republic Institute ingin mendapatkan informasi tentang perilaku pemilih masyarakat di Dapil Jateng V. Survei juga memberikan data para bacaleg yang mampu bertengger di delapan besar. (*)

Follow Lokabali.com di Google News



Komentar

Berita Lain