oleh

Salurkan Hobi Sambil Berbagi, Komunitas Adventure Trail Susuri Desa Wisata Jeruksawit

LOKABALI.COM – Komunitas Adventure Trail di Surakarta terus eksis dengan mengadakan berbagai kegiatan positif di tengah pandemi Covid-19. Kali ini, dengan difasilitasi PT Mukti Manunggal Solution, komunitas para rider mengadakan kegiatan bertajuk ‘Puwon Trail Adventure Baksos’ di Desa Jeruksawit Gondangrejo Karanganyar, Minggu (4/4/2021). 

Ketua Panitia Puwon Trail Adventure Baksos Imam Santosa mengatakan, kegiatan tersebut untuk mengenalkan jalur desa wisata Jeruksawit bagi para pencinta adventure trail di Karanganyar dan Surakarta pada umumnya. 



“Jadi ini kegiatan jelajah desa sekaligus kegiatan baksos. Termasuk jalur baru. Dan ada spot wisata di dalamnya. Jadi sangat terhibur mengikuti jalur baru yang kita tawarkan ini,” ungkapnya.

Imam Santosa juga mengatakan, bahwa kegiatan tersebut mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Unsur pemerintahan memang kita libatkan, pada kegiatan termasuk Pak Bupati Karanganyar Juliatmono. Karena kita berharap, berbagai kegiatan adventure trail di Kabupaten Karanganyar, mendapatkan suport langsung dari pemerintah. Dan hasil kegiatan ini, kita alihkan untuk kegiatan Bakti sosial (Baksos) kepada masyarakat di Kelurahan Jeruksawit. Jadi ini kegiatan positif,” ujarnya.

Kegiatan mendapat suport dari komunitas Trail Adventure yang ada di Jawa Tengah. Gelaran adventure bertitel Puwon Trail Adventure Baksos diikuti ratusan peserta yang datang dari berbagai daerah. Start Event berlangsung di kawasan tanah lapang desa setempat.

Meskipun adventure tersebut dalam rangka Bakti Sosial (Baksos), namun peserta sangat antusias. Tercatat kurang lebih 400an peserta turut serta menikmati jalur offroad dengan sepeda motor trailnya.

Peserta yang datang berasal bukan hanya dari wilayah Kabupaten Karanganyar saja, namun banyak peserta yang datang dari luar seperti Jogjakarta dan Semarang. Pesona alam pedesaan dan juga jalur yang memicu adrenalin para peserta membuat peserta antusias mengikuti adventure amal tersebut.

Para peserta disajikan jalur yang menawan dengan berbagai obstacle yang menuntut peserta mengerahkan segala kemampuannya.

“Jalur keren puas dengan berbagai rintangan, sekaligus juga kita beramal,” jelas Eko salah satu peserta asal Jogja.

Jalur sepanjang kurang lebih 60 km tersebut melewati berbagai jenis rintangan. Dan jalur yang dilalui oleh peserta melewati hutan pinus dan  alam desa yang sejuk, sehingga menambah sensasi tersendiri. 

Meskipun acara sederhana, namun tidak mengurangi antusias peserta mengikuti adventure yang digarap oleh PT Mukti Manunggal Solution (MMS) ini. Bahkan beberapa peserta mengakui sangat puas dan ingin mengulang kembali medan yang penuh menguji adrenalin.

Bakti sosial dari para offroader ditandai dengan penyerahan secara simbolik dana yang terkumpul. Penyerahan dilakukan oleh panita dan diterima oleh perwakilan pemerintah desa setempat. (*/her)



Komentar

Berita Lain