oleh

Politeknik Negeri Jakarta Sasar IRT Dalam Pelatihan Pengolahan Buah

LOKABALI.COM – Untuk Implementasikan Program Pengabdian Masyarakat (PPM), dosen Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Taufik Akbar mengadakan pelatihan pengolahan buah menjadi sirup.

Sasaran pelatihan adalah Ibu Rumah Tangga. Kegiatan dilaksanakan bersama Komunitas Ibu Berdaya dan Ibu PKK di Perum Graha Asri Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Minggu (19/09/2021).

KSU-Pemogan

Secara umum kata Taufik, program ini dirancang oleh berbagai universitas atau institut yang ada di Indonesia, termasuk Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Tujuanya untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Sirup olahan buah ini tanpa pengawet buatan, rencana kita beri nama sirup Cikarang (SICIKA). Mudah-mudahan ini bisa membantu penguatan ekonomi masyarakat,” kata Taufik Akbar, Minggu (19/9/2021).

Kegiatan yang diikuti oleh Ibu-ibu komplek Graha Asri ini dipandu oleh trainer dr.Feranida. Sementara itu buah yang dipakai adalah jenis jeruk kunci dan nanas.

“Sangat bagus sekali karena bisa mejembatani antara kebutuhan masyarakat akan pelatihan kemudian bertemu dengan pihak kampus yang mengadakan program pengabdian untuk masyarakat, jadi klop.” Kata dr. Feranida.

Sementara itu menurut salah satu peserta pelatihan Hartini, program ini sangat bagus.

“Program ini sangat bagus untuk saya pribadi, kedepannya saya pengen ilmu ini dibagikan ke yang lain juga karena sangat bagus dan menarik, saya jadi tahu cara bikin sirup yang enak seger,” tuturnya.

Sedangkan peserta yang lain Bu Aning menuturkan kegiatan tersebut sangat bermanfaat, dan mengapresiasi pelatihan itu.

Setelah workshop ini akan ada pendampingan pemasaran produk melalui instragram dan launching produk SICIKA, oleh Taufik Akbar bersama tim. (Ros)



Komentar

Berita Lain