oleh

‘ Kowe Meneh” Siap Jalankan Amanah Sebagai Tim Ahli Wantimpres

-Politik-63 views

LOKABALI.COM- Henry Indraguna, advokat yang kondang melalui sloganya ‘ kowe meneh, kowe meneh ‘ di angkat menjadi Tim Ahli Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpes).

Pengangkat tersebut di tuangkan melalui Keputusan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Nomor I Tahun 2022 tentang Pembentukan Tim Ahli Ketua, Anggota dan Sekretaris Anggota Dewan Pertimbangan Presiden.

Surat pengangkatan ditanda tangani langsung oleh Wiranto, selaku Ketua Dewan Pertimbangan Presiden.

“ Saya merespon positif informasi tersebut.Tugas ini merupakan amanah yang harus dijalankan secara profesional dan bertanggung jawab,” kata Henry Indraguna

Henry menegaskan, dirinya berkomitmen memperkuat dan memperjuangkan sebaik – baiknya Bidang Hukum dan Perundangan-Undangan di Dewan Pertimbangan Presiden.

Tugasnya memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Dewan pertimbangan Presiden sesuai UUD 1945 Pasal 16.

Sebagai seorang advokat yang sudah lama malang melintang di dunia hukum, Henry dinilai sangat tepat memegang amanah membantu kinerja Wantimpres di dalam memberikan masukan dan pertimbangan kepada presiden terkait bidang hukum dan perundang undangan.

Wantimpres adalah lembaga pemerintah nonstruktural Indonesia yang bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada presiden.

Landasan konstitusional Wantimpres adalah Pasal 16 UUD 1945, yang selanjutnya diatur dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2006 tentang Dewan Pertimbangan Presiden.

Berdasarkan UU Nomor 19 Tahun 2006, Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) adalah lembaga pemerintah yang bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden.

Sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 Undang Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Wantimpres berkedudukan di bawah Presiden dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Tugas Wantimpres adalah untuk memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden dalam menjalankan kekuasaan pemerintahan negara.

Pemberian nasihat dan pertimbangan tersebut wajib dilakukan oleh Wantimpres baik diminta ataupun tidak oleh Presiden. Penyampaian nasihat dan pertimbangan tersebut dapat dilakukan secara perorangan maupun sebagai satu kesatuan nasihat dan pertimbangan seluruh anggota dewan.(*) /jk



Komentar

Berita Lain