oleh

Kondisi Situs Musuk Boyolali, Mangkrak Tidak Terawat

-Budaya-99 views

KORANJURI. COM-Situs Musuk datau yang di kenal oleh warga sekitar sebagai Candi Tugu di Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali, atau tepatnya di belakang SMPN 1 Musuk Boyolali, kondisinya sangat memprihatinkan sekali. Batu benda cagar budaya di kawasan tersebut biarkan tergeletak rusak tidak terawat.

Kondisi benda cagar budaya di situs musuk, boyolali/foto:lokabali

Bahkan dari keterangan warga desa, sejak dari dulu situs Musuk seperti itu, tidak terawat.



‘ Warga menyebut candi tugu karena di tempat ini dulu ada tugunya. Tetapi sekarang sudah tidak ada’ Jelas Bu Sri, salah satu warga desa di sekitar Situs Musuk.

Bebatuan sttuktur bangunan di situs Musuk, mangkrak tidak terawat. /foto: lokabali

Selain tidak dirawat di biarkan tergeletak apa adanya di tanah, Dinas terkait juga tidak memberikan pagar pengaman kawasan guna melindungi benda cagar budaya yang sarat dengan sejarah dan nilai tinggi peradaban dari tangan tangan jahil.

Dari pantauan di lapangan terdapat banyak batu struktur sebuah bangunan tergeletak di penuhi lumut. Di sisi bagian lain juga tampak batu lingga dan batu pahatan menyerupai surya matahari terpendam di dalam tanah dengan kondisi memprihatinkan.

Menurut keterangan salah satu warga desa, beberapa batu benda cagar budaya tersebut pernah di ambil oleh seseorang berseragam dinas, namun tidak di ketahui dari mana asalnya.

Ketidak pedulian Dinas terkait dan pemerintah daerah terhadap peninggalan benda cagar budaya, lambat laun akan semakin memperparah kondisi nilai sejarah yang dimiliki oleh bangsa ini.

Sebab benda cagar budaya tersebut tidak hanya menjadi pintu pembuka sejarah peradaban bangsa, tetapi juga menjadi ruang edukasi sejarah dan pariwisata jika di dapat di gali dan dikembangkan lebih jauh lagi oleh pemerintah daerah./jk



Komentar

Berita Lain