oleh

Kadek Dersen: SDM Unsur Penting Industri Perhotelan

-Profil-148 views

LOKABALI.COM – Sumber daya manusia jadi unsur paling penting di industri perhotelan. Terutama lagi, kata Kadek Andriana Dersen, seorang trainer nasional, adalah kemampuan SDM dalam melayani tamu.

Wisatawan modern, menurut Kadek, mencari kenyamanan saat mereka menginap di hotel. Meningkatkan kualitas pelayanan hotel, merupakan salah satu cara efektif untuk mendapatkan profit dan benefit dari setiap tamu yang datang.

“Mungkin secara fisik hotel akan terlihat standar bintang 5 namun bila
pelayanan hotel buruk, maka standar bintang 5 tidak lagi penting,” jelasnya saat memberikan pelatihan di Amertha Bali Villas, Gerokgak, Buleleng, 29 Februari-1 Maret 2020.

Pentingnya SDM yang memiliki kualitas bagus akan ada feedback dari wisatawan yang tinggal dihotel tersebut. Kemampuan service, menurutnya, memang tak lepas dari pengetahuan SDM memahami budaya asing dari tamu yang berkunjung.

Selain itu, komunikasi juga menjadi tolok ukur pelayanan. Mengingat, interaksi kepada tamu memerlukan kemampuan berbahasa asing atau dalam hal ini bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional.

“Peningkatan jumlah konsumen hotel
dipengaruhi kinerja dan pelayanan. Dimana, hotel membutuhkan sumber daya manusia yang handal,” ujarnya demikian.

Pelatihan bertema ‘Coaching Road to Excellent Service’ diikuti oleh puluhan karyawan hotel.

“Dalam program tersebut, kami akan datang ke hotel atau restaurant untuk melatih para karyawan menuju kualitas yang lebih baik. Kesempatan emas ini sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas pelayanan,” kata Kadek Dersen.

Dikatakan lagi, pelatihan tersebut bertujuan untuk menyiapkan tenaga-tenaga terlatih yang memiliki keterampilan teknis operasional perhotelan.

serta pelayanan prima dan terciptanya sumber daya manusia yang profesional yang mampu berdaya saing di bidang perhotelan. Dengan memahami pentingnya pelayanan, kedepan diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Selain materi terkait pelayanan, dalam pelatihan itu juga dibahas mengenai strategi pemasaran di era digital 4.0.(Way)

Komentar

Berita Lain