oleh

Indosat Ooredoo dan Google Kembangkan Mesin Baru Bantu Transformasi Digital UMKM

-Techno-106 views

LOKABALI – Indosat Ooredoo mengembangkan role model pengembangan UMKM berbasis cloud. Inovasi itu dikembangkan bersama Google Cloud.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama mengatakan, dengan model bisnis baru itu, pelaku UMKM dapat memanfaatkan pasar dan peluang baru yang tidak pernah dilakukan sebelumnya.

KSU-Pemogan

“Kami menantikan kolaborasi yang panjang dan penuh manfaat dengan Google yang akan mempercepat digitalisasi di kalangan UMKM dan transformasi Indonesia menjadi masyarakat digital,” kata Ahmad Al-Neama, Selasa, 9 November 2021.

Bisnis baru berbasis penyimpanan awan yang dikembangkan raksasa internet google itu, kata Ahmad, akan menciptakan marketplace yang dipersonalisasi dengan penawaran software as a service.

Tujuannya adalah, digitalisasi UMKM sejak mereka memulai bisnis dan setiap tahap yang dilalui dalam bisnis. Ahmad menjabarkan, hal itu mencakup membangun kehadiran online dengan Google My Business, peningkatan produktifitas dengan google workspace, memperluas dan otomatisasi bisnis dengan AI/ML, serta memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dengan analitik data cerdas di cloud.

Dalam kerjasama itu, kedua perusahaan akan membangun portofolio solusi 5G edge computing yang menyatukan jaringan Indosat Ooredoo.

Dijelaskan, dengan menghadirkan komputasi dan kemampuan Google Cloud yang canggih, pelaku bisnis dapat memindahkan infrastruktur dari lokasi terpusat ke edges.

“Aspek kunci lainnya dari pilar kemitraan ini adalah Indosat Ooredoo dan google cloud menjajaki pengembangan managed services B2B security untuk meningkatkan ketahanan mereka dan melindungi perusahaan dari risiko cybersecurity.

Sementara, President Google Cloud Rob Enslin mengatakan, pihaknya bersama Indosat Ooredoo akan menciptakan mesin baru untuk inovasi dan pertumbuhan jangka panjang.

“Kunci untuk menghadirkan aplikasi generasi berikutnya dan menciptakan pengalaman baru pelanggan dengan Indosat Ooredoo adalah budaya kami bersama untuk inovasi,” kata Rob. (Sys)



Komentar

Berita Lain