oleh

GKR Pakoe Boewono Ke XIII Hadiri Acara Penutupan Ekspo Keris Surabaya 2021

LOKABALI. COM- Dalam rangka upaya membangun pelestarian budaya Nusantara, Yayasan Persaudaraan Berbudaya Indonesia ( YPBI ) bersama Paguyuban Condro Aji dan Dewan Kesenian Surabaya menyelenggarakan pameran keris bertajuk ‘ Keris Ekspo Surabaya ‘ ( 10 – 14 Nov 2021) bertempat di Gedung Kesenian atau Balai Pemuda Surabaya.

‘ Pameran keris di selenggarakan sebagai wujud kepedulian para pecinta budaya dalam melestarikan adi luhung budaya bangsa’ Jelas KP. Dr. H. Andi Budi Sulistijanto, SH, M.Ikom selaku pembina Yayasan Persaudaraan Berbudaya Indonesia

KSU-Pemogan

Pembina YPIB yang juga Sentana Riya Inggil Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tersebut menambahkan, Keris tidak hanya maha karya seorang empu yang banyak memiliki makna filosofi di dalamnya, akan tetapi keberadaanya juga sudah di akui oleh Unesco sebagai warisan dunia.

Oleh karena itu melalui acara ekspo keris surabaya di harapkan generasi muda dapat mengenal dan mencintai maha karya leluhur nusantara. Sehingga akan menjadi generasi muda yang peduli terhadap pelestarian budaya, urai pria yang akrab di sapa Gus Andi dalam keteranganya

Ekspo keris yang memamerkan ratusan keris dari berbagai tangguh atau era pembuatan di buka secara resmi oleh Sarmuji, SE, selaku anggota DPR RI  Komisi XI.

Sedangkan di akhir masa penyelenggaraanya di tutup oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Jawa Timur mewakili Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang saat itu berhalangan hadir.

Di akhir acara penutupan tampak kehadiran Permasuri Sinuhun PB XIII, Gusti Kanjeng Ratu Pakoe Boewono ke XIII dan juga KP Aryo Prastowo yang turut serta menyaksikan penyerahan kenang kenangan pusaka keris nusantara dari pembina YPBI, KP. Dr. H. Andi Budi Sulistijanto, SH, M.Ikom, kepada Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Jateng.

Kepada pembina YPBI, GKR Pakoe Boewono ke XIII mengapresiasi acara Ekspo Keris Surabaya yang di selenggarakan di Balai Pemuda Surabaya sebagai upaya untuk melestarikan budaya bangsa. / Jk



Komentar

Berita Lain