oleh

Gairahkan Kegiatan Seni, Wianta Foundation Gelar Art Camp 2021 Bertajuk Open Border

-Seni-168 views


LOKABALI.COM – Wianta Foundation menggelar Art Camp 2021. Kegiatan bertajuk Open Border ini dilaksanakan di kediaman maestro perupa Made Wianta (alm) di Banjar Apuan, Desa Apuan, Baturiti Tabanan, Senin, 4 Oktober 2021.

Kegatan ini dibuka Bendesa Adat Desa Pekraman Apuan dan seniman I Ketut Murtana, S.Sn.

ITB-STIKOM-Bali

Lepud Art Management I Gede Made Surya Darma selaku manager project mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk lebih menggairahkan kegiatan seni budaya di masa pandemi Covid-19. Dan juga untuk mengenang menjelang setahun berpulangnya Made Wianta, pelukis kenamaan asal desa setempat.

“Semua pihak tentu merindukan pulihnya kehidupan seperti sedia kala. Sebab, hampir dua tahun masyarakat sudah beradaptasi menjalani kehidupan new normal dengan protokol kesehatan yang ketat. Untuk bisa melewati masa krisis ini, peranan semua pihak sangat diperlukan. Merespons isu tersebut, para seniman menuangkan kegelisahan estetiknya dengan melakukan kegiatan kesenian dengan tema Open Border,” ujar Surya Darma, Senin 4 Oktober 2021.

Menurut Surya Darma, tema Open Border mengandung makna membiasakan kehidupan baru dengan membuka hati dan beradaptasi dengan lingkungan.

Selain diskusi seni dan budaya, dalam kegiatan itu juga dimeriahkan dengan performance art, pembacaan puisi, art action, video screening dan gerakan lingkungan.

Sejumlah seniman juga hadir berbagi pengetahuan seni dan pengalaman berkesenian, di antaranya I Made Bakti Wiyasa, Iwan Wijono Ketua Performance Art Yogyakarta, I Wayan Tastra dalang wayang kulit dari Banjar Apuan, Aktivis lingkungan, I Ketut Sudarwata, Jedink Alexander dan Made Adnyana Ole.

Kegiatan ini dilakukan secara gotong royong dengan Desa Adat Apuan, seniman, akademisi, budayawan, aktivis lingkungan, penggiat UMKM, petani, dan sekaa teruna setempat. (Sys)



Komentar

Berita Lain