oleh

Dirancang Bernama Pandawa Cliff, Justru Terkenalnya Pandawa Beach

-Jelajah, Spot-251 views

LOKABALI.COM – Pantai Pandawa juga terkenal dengan patung-patung raksasa yang sengaja dibangun untuk mempercantik obyek wisata tersebut. Disitu ada patung, patung tokoh Pandawa Lima yakni, Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa.

Patung lainnya adalah Dharmawangsa dan Dewi Kunti. Patung-patung itu ditempatkan menempel dengan tebing batu yang menjulang tinggi dengan menghadap ke arah laut.


Dari situlah menurut pemakrarsa tebing Pandawa yang juga anggota DPRD Kabupateng Badung ini, pantai dibawah cliff atau tebing itu kemudian disebut dengan Pantai Pandawa.

Padahal sesuai dengan rancangannya nama yang disematkan untuk obyek tersebut adalah Pandawa Cliff bukan Pandawa Beach. Namun seiring dengan perjalanan waktu Pandawa Cliff lebih dikenal dengan nama Pantai Pandawa.


“Kami tidak ingin ada permasalahan di kemudian hari. Yang kami jual kepada wisatawan adalah Cliff patung Pandawa Lima, bukan pantainya. Kebetulan Cliff itu berdekatan dengan pantai. Jadi kewenangan kami hanya ada di relief patung yang kami bangun bukan di pantainya. Pantai itu milik umum. Sedangkan Cliff nya memang desa yang membangun, maka disanalah disebutkan Pandawa Cliff untuk obyek pariwisatanya” jelas Mesir.


Patung Pandawa lima itu memang memberikan aura yang berbeda di pantai Pandawa. Tidak mengherankan jika pengunjung yang datang kesana selalu menyempatkan berfoto dengan latarbelakang relief patung raksasa itu.


Disamping itu, hamparan samudera jika dilihat dari tempat patung berdiri tampak sangat memukau. Bahkan kedalaman air pun bisa terpetakan dengan jelas dari atas tebing termasuk hijaunya rumput laut yang sengaja dibudidayakan oleh warga sekitar di dasar perairan dangkal Pantai Pandawa.


Pantai yang berlokasi dibawah tebing itu pada awalnya cukup merepotkan pengunjung. Bukan karena tempatnya yang berbeda dengan pantai-pantai yang lain, juga bukan karena jalanan yang berliku untuk sampai kesana. Namun sulit menerima jaringan sinyal telepon seluler ketika berada di pantai. Hal itu disebabkan karena jaringan sinyal telepon terhalang tebing-tebing disana.


Hanya saja, masalah itu sudah teratasi dengan adanya menara penerima sinyal yang memancarkan sinyal ke kawasan pantai Pandawa. Dikatakan Nyoman Mesir, obyek wisata milik Desa Kutuh itu akan terus ditata untuk kenyamanan pengunjung.

Banyak kalangan selebritis nasional maupun luar negeri yang pernah bertandang di Pantai Pandawa. Dari Indonesia sebut saja, Jeremy Thomas, Syahrini, Anang Hermansyah, komedian Thukul Arwana dan masih banyak lagi


Lebih lanjut Nyoman Mesir mengatakan, kawasan Desa Kutuh yang dulunya sangat gersang dan sulit dijangkau sekarang sudah menjelma menjadi salah satu tujuan faforit di Bali dari belahan penjuru dunia.


“Kalau dihubungkan lagi dengan usaha keras secara fisik dan bathin. Mungkin inilah timbal baliknya. Kita punya hubungan dengan Tuhan, dengan manusia dan dengan alam. Termasuk memperlakukan alam dengan baik dengan cara yang sudah kami lakukan seperti menggelar ritual dan upacara,” kata Mesir demikian. (Way)

Komentar

Berita Lain