oleh

Di Desa Banyuanyar Akses Internet Gratis..tisss

-Profil-471 views

LOKABALI.COM-Terinspirasi dari keinginanya membangun dan memajukan desa tertinggal di kaki Gunung Merbabu, Khomarudin, Kepala Desa Banyuanyar, Ampel, Boyolali berinisiatif membangun jaringan internet gratis untuk warga di desanya.

Melalui internet gratis Khomarudin berharap masyarakat desa melek tehnologi dan informasi, sehingga akan lahir ide ide kretifitas dari masyarakat untuk membangun desa.

Kades Khomarudin beralasan, Desa Banyuanyar bukanlah desa yang memiliki sumber daya alam melimpah, meski keberadaanya di kaki gunung Merbabu. Bagi dia, Desa Banyuanyar seakan tidak berada di kaki gunung maupun pegunungan.

Khomarudin, Kades Banyuanyar

‘ Sumber daya alam wisata juga tidak ada, Oleh karena itu melalui akses internet gratis Desa Banyuanyar di harap bisa menjadi kampung pintar, sehingga masyarakat bersama pemerintah desa bisa sinergi membangun desa ‘ Terang Khomarudin.

Terbukti setelah dua tahun berjalan, pemberdayaan ekonomi masyarakat mulai tampak di Desa Banyuanyar.

Desa yang dulu gersang sekarang menjadi kampung edukasi budi daya kopi dan susu. Menyandang predikat kampus kopi, kampung susu dan kopi.

Seluruh budi daya kopi dari hilir ke hulu semua ada di Desa Banyuanyar. Anak anak muda bisa membuka usaha kedai kopi dengan cara belajar menjadi barista gratis di Desa Banyuanyar tanpa di pungut biaya.

Desa Banyuanyar juga memiliki branding kopi nangka khas Boyolali yang memiliki aroma nangka. Begitupun susu yang di hasilkan sapi milik para peternak, sekarang sudah di olah menjadi yogurt, sehingga nilai ekonomi yang di hasilkan semakin bertambah.

Sinergitas kepala desa dengan masyarakat malalui maindset bersatu membangun memajukan desa, adalah dasar Desa Banyuanyar bisa berkembang menjadi desa wisata edukasi.

‘Begitupun pemberdayaan ekonomi masyarakatnya. Desa dikatakan makmur jika warga desa ekonominya sejahtera’ Jelas Kades Khomarudin

Saat ini imbuh dia, Desa Banyuanyar bisa jadi merupakan satu satunya desa di Jawa Tengah yang memberikan akses internet gratis kepada warganya. Terdapat 21 titik hotspot untuk akses internet gratis.

‘Kedepan penambahan titik hotspot akan dilakukan guna mempercepat akses internet gratis bagi warga desa’ tutupnya./jk

Komentar

Berita Lain