oleh

Bangkitnya Sineas Muda NTT Melalui Flobamora Film Festival 2023

LOKABALI.COM – Komunitas Film Kupang akan menggelar Flobamora Film Festival 2023, 27 November-16 Desember 2023. Kegiatan tersebut menjadi festival film pendek pertama berskala nasional yang diselenggarakan di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).
 
Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Ahmad Mahendra mengatakan, festival ini menjadi momentum besar untuk memperkuat perkembangan film di NTT.
 
“Saya mengapresiasi inisiasi Komunitas Film Kupang yang telah memprakarsai Flobamora Film Festival 2023 sebagai langkah besar memperkuat perkembangan film di NTT,” ujar Mahendra pada Senin, 27 November 2023.
 
Menurutnya, Flobamora Film Festival 2023 diharapkan melahirkan sineas-sineas muda yang bertalenta dan berdaya saing.
 
“Kemendikbudristek memfasilitasi para sineas di seluruh Indonesia untuk melahirkan karya terbaiknya. Ini juga bentuk perhatian pemerintah kepada Indonesia bagian timur,” kata Mahendra.
 
Flobamora Film Festival bermula dari penyelenggaraan parade film NTT tahun 2021. Setahun kemudian, Komunitas Film Kupang melebarkan programnya menjadi Flobamora Film Festival pada 27-30 Oktober 2022.
 
Tahun 2023, Flobamora Film Festival menargetkan lebih dari 50 film pendek ikut berpartisipasi. Festival ini berlangsung di Taman Budaya Gerson Poyk Kupang.

Lokasi penyelenggaraan juga tersebar di lima kelurahan di Kota Kupang. Festival ini menghadirkan sejumlah program seperti kompetisi film pendek se-NTT, kompetisi film pendek pelajar se-NTT, Bakumpul Komunitas Film. KFK Film Lab, Layar Nusantara, dan Layar Pelajar serta Diskusi Publik.

“Pada pra-festival telah dilaksanakan pelatihan produksi film pelajar, workshop film pelajar bersama siswa SMA dan SMK di Kota Kupang,” jelas Mahendra. (Jeane)

Follow Lokabali.com di Google News



Komentar

Berita Lain