oleh

Alumni SMA Negeri 3 Denpasar Bentuk Koperasi Perempuan Katrisma Mandiri

-Berita-390 views

LOKABALI.COM – Alumni SMA Negeri 3 Denpasar bersatu membentuk koperasi perempuan. Koperasi Perempuan Katrisma Mandiri mengkhususkan pemasaran produk UMKM anggota koperasi.

Koperasi Perempuan Katrisma Mandiri (PKM), dengan sistem digital marketing, telah mendapatkan akte pendirian pada tanggal 8 Maret 2021, untuk sementara diikuti oleh pelaku UMKM alumni SMA Negeri 3 Denpasar.

ITB-STIKOM-Bali

Ketua Koperasi Bali Satya Madani (BSM), dan pemilik Ode Nant Textile, yang juga sebagai Ketua Pengurus Koperasi PKM, Cok Istri Mirah mengatakan, Koperasi Perempuan Katrisma Mandiri yang baru terbentuk ini sudah melakukan MoU dengan PT Ode Nant Bali dan Koperasi Bali Satya Madani. Selain itu juga dengan Koperasi Poetra Desa Wisata yang bergerak di bidang Travel.

“Visi Koperasi Perempuan Katrisma Mandiri, menjadi koperasi perempuan yang profesional, mandiri dan berperan dalam pembangunan perekonomian untuk kesejahteraan anggota dan masyarakat,” jelas Cok Mirah dalam acara gebyar produk UMKM anggota Koperasi Perempuan Katrisma Mandiri, di SMAN 3 Denpasar, Minggu (4/4/2021).

Sedangkan misi koperasi PKM antara lain, pengembangan kemampuan berwirausaha untuk kalangan perempuan, pendampingan UMKM perempuan, fasilitas permodalan, fasilitas pemasaran produk UMKM dan membangun jaringan kerjasama perempuan Katrisma untuk memperkuat peran perempuan.

Cok Mirah menambahkan, Koperasi Perempuan Katrisma Mandiri mempunyai 4 kemitraaan yakni, Mitra Mandiri (MM) untuk UMKM yang mempunyai rumah makan, toko atau warung. Mitra Order (MO) untuk branding produk PKM. Mitra Gerak Sendiri (MGS) mereka akan bergerak secara mandiri. Sedangkan Mitra Konsinyasi (MK) menyediakan tempat untuk produk UMKM PKM.

Sementara, Kepala Sekolah SMAN 3 Denpasar, Ida Bagus Sudirga, MPd.H mengatakan, pihak sekolah sangat mensupport gerakan tersebut.

“Kita support, antara cinta almamater sekarang memberikan kontribusi dalam perekonomian kepada masyarakat yang luar biasa. Koperasi ini harus berkelanjutan,” kata IB Sudirga.

Ia juga berpesan supaya tetap cerdas dan membangun jejaring serta berintegritas agar masyarakat tertarik mengikuti kegiatan koperasi PKM.

Sementara, Asisten I Sekda Provinsi Bali, I Gede Dewa Indra Putra mengapresiasi terbentuknya koperasi pemasaran PKM dan kegiatan yang dilakukan oleh koperasi tersebut. Ia mengatakan produk unggulan UMKM perlu mendapat pendampingan sehingga konsumen bisa mendapatkan produk yang berkualitas.

“Saya berharap Koperasi PKM menjadi contoh dan ikon koperasi perempuan lainnya di seluruh Bali,” jelasnya.

Kepala Bank BPD Bali Cabang Renon, Ida Ayu Tri Rasmiwinari, mendukung program Koperasi PKM. Ia juga berpesan kepada pelaku UMKM untuk tidak berhenti berinovasi dan tetap berkarya.

“Pemasaran online ada, permodalan ada oleh BPD Bali, ayo silahkan berkarya aja dulu jangan mikirin untungnya,” tutup Tri Rasmiwinari. (Ros)



Komentar

Berita Lain