oleh

3000 Makanan Tradisi Di Bagikan, Usai Kirab Obor Takbir Keliling Di Pura Mangkunegaran

-Budaya-224 views

LOKABALI.COM- Sambut  kemenangan  malam perayaan hari raya  Idul Fitri 1445H / 2024 M, Pura  Mangkunegaran,  Selasa malam (9/4) menyelenggarakan  tradisi  takbiran yang disi dengan takbir keliling, kirab obor , tumpeng jaburan dan pesta kembang api.

Kirab keliling di awali dari Masjid  Al Wustho  sampai dengan  Pamedan Pura Mangkunegaran, mulai pukul 18.45  sampai dengan pukul 20.30 WIB.

‘Takbir keliling di ikuti ratusan abdi dalem, takmir masjid dan masyarakat yang ada di sekitar Pura Mangkunegaran ‘ Kata KGPAA MAngkunegara X  dalam keteranganya.

Di tambahkan oleh Adipati  Mangkunegara X,  tradisi ini merupakan  ungkapan wujud rasa syukur  Projo Mangkunegaran  dalam menyambut datangnya bulan  Syawal.

Sekaligus  harapan berkah  agar kesejahteraan senantiasa datang untuk Projo Mangkunegaran beserta dengan  para kawulanya,  khususnya  kesejahteraan bagi bangsa dan negara.

Tradisi adat kegamaan ini sebut KGPAA Mangkunegara X , bukan hanya sekedar kegiatan menyambut datangnya Hari Raya  Idul Fitri 1445 H, akan tetapi wujud nyata  manifestasi Pura Mangkunegaran sebagai rumah budaya Nusantara.

Kirab Api obor merupakan symbol cahaya, harapan dan semangat baru Projo Mangkunegaran di dalam menjalani perjalanan masa yang akan datang.  Sedangkan api yang di ambil darai koken sebagai perlambang api kehidupan kesejahteraan dan kemakmuran seperti yang di harapkan. .

‘ Takbiran keliling di maknai sebagai rasa kegotong royongan melalui semangat silaturahmi  untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bersama’ Tuturnya.

Di akhir acara takbir keliling, 3000 makanan tradisi yang ada pada gunungan jaburan  selanjutnya di bagi bagikan kepada warga masyarakat . Jaburan  dalam tradisi masyarakat  biasanya di lakukan  untuk berbuka puasa di masjid, pondok  pesantren maupun majelis keagamaan Islam lainya.

Pada tradisi kirab takbiran , Pura Mangkunegaran ingin menyampaikan pesan  keterbukaan sebagai rumah budaya Nusantara yang beragam.  Sehingga melalui rasa kebersamaan tersebut,  keberkahaan Ramadhan akan dapat kita rasakan bersama, tukasnya. / Jk

 

Follow Lokabali.com di Google News



Komentar

Berita Lain