oleh

3 Dosen ITB STIKOM Bali Dampingi Industri Rumah Tangga Tingkatkan Kualitas Produk

LOKABALI.COM – 3 dosen Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) STIKOM Bali turun ke masyarakat membawa amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi. Karya nyata di masyarakat itu dilakukan oleh Ni Putu Linda Santiari, S.Kom., M.Kom., I Gede Surya Rahayuda, S.Kom., M.Kom. dan I Wayan Jepriana, S.Kom., M.Cs.

Selain itu, tiga orang pengajar di kampus IT terbesar wilayah Bali Nusra itu dibantu oleh mahasiswa ITB STIKOM Bali, yakni Ni Putu Diah Anggraeni dan I Kadek Mico Ferrandana.

ITB-STIKOM-Bali

Pengabdian masyarakat itu dilakukan kepada Industri Rumah Tangga (IRT) ‘Oke Juice Bali’ milik Ni Luh Putu Vivi Sumayanti. Usaha itu berlokasi di Jalan Dewi Sri Gg. Anggur IV No. 11X Desa Batubulan, Gianyar.

“Tri Dharma Perguruan ini terlaksana dengan dukungan dana hibah dari ITB STIKOM Bali,” jelas Linda Santiari di Denpasar, Selasa 1 Juni 2021.

Pengabdian itu dilaksanakan selama 6 bulan dengan melakukan pendampingan kepada pelaku usaha industri rumahan ‘Oke Juice Bali’. Linda menjelaskan, timnya memberikan pendampingan dalam pengemasan produk jus yang dikelola ‘Oke Juice Bali’.

Selain itu, IKM juga dituntut memasarkan produknya secara online agar lebih dikenal masyarakat secara luas dan pelatihan promosi online dengan menggunakan instagram dan google business. Termasuk, pelatihan tentang pembuatan logo dan branding dalam suatu usaha.

“Setiap produk harus punya identitas masing-masing. Seperti produk jus ini seharusnya punya merek yang dapat diidentifikasi dengan mudah oleh calon konsumennya,” kata Linda.

Dalam kegiatan itu, juga diserahkan alat pendukung produksi dan pemasaran serta evaluasi dan monitoring.

Sementara, Vivi Sumayanti sebagai pemilik Oke Juice Bali mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan pelatihan dan pendampingan yang dilakukan oleh ITB STIKOM Bali.

“Saat ini, sudah mulai ada peningkaan penjualan, terutama secara online yang berasal dari berbagai wilayah di Gianyar dan Denpasar,” kata Vivi Sumayanti. (Ros)



Komentar

Berita Lain